Gelapkan Motor, Mahasiswa PTN Ditahan

MALANG – Terlilit hutang, bisa membuat semua orang gelap mata. Begitu juga dengan Achmad Fadil al Gozali, 19 tahun, mahasiswa salah satu PTN di Malang. Akhir pekan lalu, ia harus berurusan dengan petugas Reskrim Polsekta Klojen, karena dilaporkan menggelapkan sepeda motor milik UD Putra Jaya Tour and Travel.
Tersangka ditangkap di rumah saudaranya di Jalan Simpang Danau Maninjau, Sawojajar – Kedungkandang. Sebagai barang buktinya, petugas mengamankan sepeda motor Honda Beat N 3577 AAF yang digelapkan oleh tersangka.
“Untuk tersangka sudah kami lakukan penahanan. Ia kami jerat dengan pasal 372 KUHP tentang penggelapan,” ungkap Kapolsekta Klojen, AKP Teguh Priyo Wasono, sembari mengatakan penahanan tersangka dititipkan di Polres Malang Kota.
Tindak penggelapan yang dilakukan Fadil ini, Senin (17/11) lalu dia datang ke kantor UD Putra Jaya Tour and Travel di Jalan Mojopahit Malang. Ia menyewa sepeda motor Honda Beat selama sehari sebesar Rp 80 ribu, dan akan dikembalikan keesokan harinya. Alasannya sepeda motor tersebut digunakan untuk menjemput keluarganya.
Namun sampai Selasa, sepeda motor tidak kunjung dikembalikan. Begitu juga ketika ditunggu beberapa hari, motor juga tidak dikembalikan. Karena merasa dirugikan, Yohanes Agus Siswanto, pemilik UD Putra Jaya Tour and Travel lantas melaporkan ke petugas Polsekta Klojen. Berdasarkan laporan itulah, polisi lalu mencari keberadaan tersangka dan berhasil menangkap di rumah saudaranya.
Dalam pemeriksaan, Fadil mengaku kalau sepeda motor tersebut digadaikan ke sebuah koperadi di wilayah Sawojajar sebesar Rp 3 juta. Uang hasil gadai tersebut, digunakan untuk menutupi hutang sekaligus bermain judi bola online. “Pengakuan tersangka baru sekali ini melakukan penggelapan,” ujarnya.(agp)