Bekuk Pengedar SS Asal Kedungkandang

MALANG – Satuan Reskoba Polres Malang Kota, kemarin  kembali menangkap seorang pengedar narkotika jenis sabu-sabu (SS). Tersangkanya Alal Alamin (AA), 39 tahun, warga Jalan Kecipir, Kecamatan Kedungkandang. Dari tangan dia, polisi turut mengamankan sembilan poket SS sebesar 1,9 gram serta tiga unit HP.
Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni mengatakan, tersangka Alal, ditangkat di rumah pamannya di Jalan Kiai Parseh Jaya, Kelurahan Bumiayi, Kedungkandang. penangkapannya berangkat dari informasi masyarakat yang menyatakan kalau tersangka Alal, mengedarkan narkotika. Berangkat dari informasi itu, polisi lalu melakukan penyelidikan.
Begitu tersangka baru saja mendapat pasokan SS, polisi langsung menangkapnya. Semula saat akan ditangkap, tersangka Alal ini sempat mengelak. Namun setelah digeledah dan ditemukan sembilan poket di balik lipatan celananya, tersangka tidak bisa mengelak lagi dan hanya pasrah ketika digelandang ke Polres Malang Kota.
“Tersangka AA (Alal Alamin, red) ini dijerat dengan pasal 112 Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun kurungan penjara,” terang Nunung.
Dalam pemeriksaan, Alal mengaku kalau barang haram tersebut, didapat dari seorang temannya berinisial RB, warga Kota Malang yang kini masih diselidiki keberadaannya. Alal memesan SS kepada RB melalui telepon. Setelah ada kesepakatan, barang haram itu dimasukkan ke dalam bungkus rokok yang ditaruh di depan Indomaret Jalan Janti Malang.
“Untuk pembayarannya juga sama. Tersangka menghubungi RB, kemudian mengajak janjian tempat. Setelah tempat dipastikan, tersangka memberikan uangnya melalui ranjau. Selama ini, tersangka sudah mengakui tiga kali transaksi dengan RB. Ia hanya mengedarkan saja, untuk mengambil keuntungan,” ujarnya.(agp/nug)