85 Pelanggar Kembali Ditilang

MALANG – Tingkat kesadaran masyarakat Kota Malang terhadap peraturan lalu lintas, masih sangat rendah. Kemarin Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota, kembali mengamankan puluhan pelanggar dalam giat Operasi Zebra 2014, di Jalan Ahmad Yani Malang (bawah jembatan fly over Blimbing).
Sebanyak 85 pelanggar, terpaksa diberi tindakan tegas berupa tilang. Mereka yang melanggar karena tidak mentaati peraturan lalu lintas. Seperti tidak melengkapi surat-surat kendaraan, serta pelanggaran lain yang terlihat kasat mata.
“85 pelanggar yang kami tilang ini, semuanya adalah pengendara sepeda motor. Selain tidak memiliki SIM (surat izin mengemudi), juga pelanggaran lain yang terlihat kasat mata,” ungkap Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Bambang C Utomo.
Dengan tambahan 85 pelanggar yang terkena tilang kemarin, total sudah ada 745 pelanggar yang terjaring razia Operasi Zebra 2014. Terhitung mulai 26 November lalu sampai Minggu kemarin. “Giat Operasi Zebra ini akan dilakukan selama 14 hari sampai 9 Desember nanti,” sambung Bambang.
Dalam giat Operasi Zebra 2014 kemarin, Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota, hanya menggelar pada satu titik saja di Jalan Raya Ahmad Yani Malang. Kondisi cuaca yang hujan, membuat giat Operasi Zebra ini terhenti.
“Seharusnya Operasi Zebra hari ini tidak satu titik, tetapi karena hujan hanya satu titik saja. Tetapi anggota tetap melakukan mobeling untuk mencari pelanggar lalu lintas,” paparnya.
Sementara itu, hari ini Polres Malang Kota rencananya juga akan menggelar giat Operasi Zebra besar-besaran. Tidak hanya melibatkan puluhan personil Satuan Lalu Lintas, tetapi juga personil dari instansi lain, termasuk petugas dari Pengadilan Negeri (PN) Malang. Karena hari ini, akan ada langsung sidang di tempat bagi pelanggar lalu lintas.(agp/ary)