Masih Ada Jaringan Pelaku Lain

MALANG – Jaringan pelaku curanmor di Kota Malang, tidak hanya berhenti pada komplotan Ibet Bulan Santoso Cs. Masih ada jaringan pelaku lain yang kini masih berkeliaran. Karenanya polisi masih mengembangkan kasusnya, termasuk memburu kawanan Ibet yang kini masih buron.
“Kasusnya masih kami kembangkan, karena ada jaringan pelaku lainnya yang belum tertangkap. Selain itu, kami juga masih menyelidiki keberadaan WN, yang buron. WN ini adalah satu komplotan dengan Ibet,“ ungkap Kanitreskrim Polsekta Sukun, Iptu Wisnu Prasetyo.
Adanya jaringan pelaku lain, diketahui dari keterangan dua penadah sepeda motor yang tertangkap, yakni Hermawan alias Doweh, 26 tahun, warga Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, serta Siswanto, 39 tahun, warga Dusun Sumbersuko, Desa Patok Picis, Kecamatan Wajak. Keduanya dalam pemeriksaan mengaku sudah setahun menjadi penadah motor curian.
Selain menerima motor curian dari komplotan Ibet Cs, mereka juga menerima motor curian dari komplotan pelaku lain. Motor curian tersebut kemudian dijual kepada para petani di sekitar Kecamatan Wajak.
“Dari pengakuannya mereka menjadi penadah selama setahu. Artinya, sebelum membeli puluhan motor dari kelompok Ibet Cs, mereka juga membeli motor curian dari kelompok lain. Inilah yang saat ini masih kami kembangkan. Selain itu, kami juga masih mencari keberadaan barang bukti lain,” ujarnya.
Untuk mengungkap jaringan pelaku curanmor tersebut, Polsekta Sukun telah membentuk tim khusus untuk memburunya. Termasuk juga bekerjasama dengan tim khusus Polres Malang Kota, dan juga dari Polres Malang dan Polres Batu.
Sekadar diketahui, Satreskrim Polsekta Sukun berhasil menangkap jaringan pelaku curanmor yang selama ini beraksi di Malang Raya. Dua pelaku utama (pemetik), dua penadah serta 25 unit motor sebagai barang bukti kejahatan berhasil diamankan.
Dua pemetik (pelaku utama) yang ditangkap adalah Slamet Supriyadi alias Yedi, 31 tahun, warga Jalan Klayatan III Gang Melati, Kelurahan Bandungrejosari, Sukun, dan Ibet Bulan Santoso, 25 tahun, warga Jalan Rawisari, Kelurahan Mulyorejo, Sukun. Sementara untuk dua penadah motor curian yang diamankan, adalah Hermawan alias Doweh, 26 tahun, warga Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, serta Siswanto, 39 tahun, warga Dusun Sumbersuko, Desa Patok Picis, Kecamatan Wajak.(agp/nug)