164 Pelanggar Terjaring Operasi Zebra

MALANG – Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota, kembali ‘panen’ pelanggar lalu lintas. Kemarin, dalam giat Operasi Zebra 2014 di fly over Kotalama Malang, polisi menjaring ratusan pengendara motor yang melintas. Setelah dilakukan pemeriksaan, sebanyak 164 pelanggar terpaksa ditilang.
“Mereka yang kami tilang, karena tidak dilengkapi dengan surat-surat, seperti tidak membawa STNK dan tidak memiliki SIM. Selain itu ada pelanggar yang tidak memakai helm,” ungkap Baur Tilang Satlantas Polres Malang Kota, Bripka Jaja.
Dalam giat Operasi Zebra kemarin, petugas dibagi menjadi tiga tim. Satu tim melakukan razia di sebelah selatan fly over, tim kedua di selatan fly over dan satu tim di bawah fly over. “Kami membagi tim, karena di fly over ini sering terjadi pelanggaran. Masih banyak pengendara motor yang sering lewat atas fly over. Selain itu, juga banyak yang tidak memakai helm, ataupun berboncengan tigas,” terang Jaja.
Dengan tambahan 164 pelanggar yang ditilang kemarin, maka total keseluruhan pelanggar yang ditilang sejak Operasi Zebra 2014 pada 26 November lalu, tercatat ada 1849 pelanggar. Rinciannya lima persen adalah kendaraan seperti truk dan bus yang melanggar marka jalan, dan masuk kota tanpa surat izin.
“Kemudian 10 persennya adalah mobil. Sisanya sebanyak 85 persen adalah pengendara sepeda motor,” katanya.
Jumlah tersebut masih akan bertambah, mengingat giat Operasi Zebra 2014 akan berakhir sampai 9 Desember. Sementara itu, hari ini Satlantas Polres Malang Kota juga akan kembali menggelar giat Operasi Zebra dengan sidang di tempat, seperti sebelumnya yang diadakan di Jalan Ahmad Yani Utara Malang. Dalam operasi sidang di tempat ini, Satlantas Polres Malang Kota melibatkan, petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, petugas Denpom V/3 Malang, hakim dari Pengadilan Negeri Malang serta Jaksa dan petugas tilang dari Kejaksaan Negeri Malang. “Untuk lokasinya, masih belum kami koordinasikan,” tuturnya. (agp/udi)