Buru Produsen Miras Oplosan

Sita 746 Botol Miras Ilegal
KEPANJEN- Peredaran minuman keras (Miras) ilegal di Kabupaten Malang masih mengkhawatirkan. Buktinya Satreskoba Polres Malang berhasil menyita 746 botol miras ilegal, selama razia bulan ini. Diantaranya banyak merek-merek terkenal yang berasal dari impor.
Kasatreskoba Polres Malang AKP Syamsul Hidayat mengatakan, miras ilegal itu diperoleh dari hasil razia tujuh tempat yang ada di Kabupaten Malang.
“Seluruh miras yang kami sita, berasal dari toko-toko yang tidak mengantongi izin menjual miras. Razia ini juga sekaligus dalam rangka cipta kondisi,” kata Syamsul kepada Malang Post kemarin.
Dijelaskannya, miras ilegal yang disita banyak bermerek terkenal vodka dan Tomi Stanley yang mempunyai kadar alkohol tinggi. Selain itu, beberapa jenis miras lainnya seperti arak, bir, Jack Daniel, Chivas, Martel dan topi miring juga ikut disita. Selain itu, petugas juga menyita miras oplosan jenis trobas dan arak putih.
“Yang menjadi target utama kami adalah miras oplosan. Kasus miras oplosan, belakangan ini marak terjadi. Kecamatan Lawang beberapa waktu lalu, terjadi kasus miras oplosan yang menyebabkan korban tewas,” kata Perwira Pertama (Pama) dengan tiga balok di pundaknya tersebut.
Pelaku penjual miras itu kata dia, tidak dilakukan penahanan. Pihaknya hanya membawa mereka dalam sidang tindak pidana ringan (Tipiring).
“Razia ini sebagai penyeimbang giat Operasi Zebra Semeru. Apalagi peredaran miras ilegal dan oplosan, menjadi atensi Polda Jatim,” kata mantan Kanit Reskrim Polsek Singosari ini
Melalui giat razia ini kata dia, diharapkan semakin mempersempit peredaran miras ilegal di masyarakat. Utamanya peredaran miras oplosan yang selama ini meresahkan. Terlebih pada pergantian tahun baru ini, kepolisian berkomitmen untuk menciptakan sekaligus menjaga kondusifitas keamanan di wilayah hukum Polres Malang.
“Kami juga berupaya untuk mencari produksi miras skala besar yang ternyata itu ilegal. Termasuk konsentrasi kami, menyelidiki keberadaan pembuatan miras oplosan. Dengan begitu, kondusifitas keamanan di Kabupaten Malang dapat dijaga,” pungkasnya. “(big/aim)