Ngaku Penasaran, Malah Ketagihan SS

KEPANJEN- Pengguna narkotika jenis Sabu-Sabu (SS),  kembali diciduk Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Malang.  JY, 49 tahun, warga Dusun Barakan Desa Genengan Kecamatan Pakisaji, ditangkap Selasa (9/12) lalu, di Desa Sempalwadak, Kecamatan Bululawang, usai membeli barang haram tersebut. Dari tangan tersangka, petugas berhasi menyita satu poket SS.
“Identitas penjualnya, sudah kami kantongi. Saat ini tengah kami buru,” ujar Kaur Bin Ops (KBO) Satreskoba Polres Malang Ipda Suryadi kepada Malang Post kemarin.
Dijelaskannya, penenangkapan tersangka berkat informasi dari masyarakat. Petugas langsung melakukan penyelidikan terkait informasi tersebut. Akhirnya diperoleh petunjuk tersangka akan membeli SS di daerah Bululawang. Petugas bergegas menuju lokasi yang dimaksud.
“Saat dilakukan penangkapan, yang bersangkutan usai bertransaksi. Penjualnya sudah pergi terlebih dahulu. Saat digeledah, ditemukan di saku celana bagian kiri satu poket SS. Tersangka yang mulanya berkelit, akhirnya tidak bisa mengelak lagi,” ujar Perwira Pertama (Pama) dengan satu balok di pundaknya tersebut.
Karena terbukti membawa SS, tersangka dikeler ke rumah tahanan (Rutan) Mapolres Malang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
“Tersangka kami jerat dengan pasal pasal 112 ayat 1 subsider pasal 127 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, ancaman hukuman empat tahun penjara,” urainya.
Lanjut dia, menurut pengakuan tersangka di hadapan penyidik yang memeriksanya, penjual SS yang sudah dikantongi identitasnya itu berasal dari Surabaya. Sedangkan satu kali transaksi, tersangka merogoh kocek sebesar Rp 200 ribu per poketnya. “Sebelumnya, tersangka tidak pernah dipenjara maupun tersangkut tindak idana,” tuturnya.
Di hadapan penyidik, tersangka nekat mengkonsumsi SS karena penasaran. Sebelumnya, dia ditawarkan cuma-cuma oleh temannya yang penjual SS itu. Narkoba itu  membuatnya ketagihan.
“Saya baru dua kali memakai SS. Yang pertama pada tahun 2013 mengkonsumsi SS dan kambuh lagi pada akahir tahun ini. Saya mengkonsumsi SS kedua ini, lantaran penasaran. Kata teman saya SS kali ini berkualitas dan rasanya berbeda,” kata dia. (big/aim)