Kepergok Kuras Rumah Kosong

MALANG POST - Percobaan pencurian rumah kosong, di rumah Jayadi, 41 tahun warga Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, berhasil digagalkan warga. Sabtu siang kemarin, satu dari kawanan pelaku, Didik, 26 tahun warga Jalan Hantua, Kelurahan/Kecamatan, Sidoarjo-Kota Sidoarjo, dibekuk berikut barang bukti sarana aksi pencurian mobil Avanza W 1226 RH.
“Terhadap barang bukti mobil tersangka, kini diamankan di Mapolsek. Kendaraan itu, diketahui milik warga Candi-Sidoarjo,” kata Kapolsek Pakis, AKP Hery Purwanto kepada Malang Post.
Ditambahkannya, dari hasil pemeriksaan sementara, diketahui kalau pelaku beraksi bersama tiga rekannya yang kesemuanya warga Sidoarjo, dengan menggunakan mobil pinjaman. Sejumlah pelaku menyatori rumah kosong sebagai sasaran aksi pencurian.
“Dalam aksinya pelaku memakai linggis yang dimodifikasi untuk membuka paksa pintu atau gembok. Diduga, aksi yang dilakukannya bukan sekali ini saja,” tambahnya.
Diperoleh keterangan, terungkapnya aksi percobaan pencurian itu, berawal dari kecurigaan keluarga Jayadi,  yakni Rudianto, yang mendapati rumah saudaranya tersebut dalam kondisi tidak dikunci. Padahal, Sabtu itu, pria yang memiliki usaha foto copi, pamit hendak berwisata.
Curiga dengan pagar dan pintunya yang terbuka, Rudi-sapaan akrabnya pun langsung menuju ke halaman rumah korban sambil memanggil Rudi. Saat dipanggil itulah, tidak berapa lama keluar seorang pelaku.
Kontan saja, Rudi pun langsung bertanya dimana keberadaan saudaranya. Bukannya dijawab, tersangka yang keluar pertama itu, langsung kabur dengan diikuti dua rekannya yang sudah ada di dalam rumah korban. Mengetahui kejadian itu, spontan langsung meneriaki maling.
“Saat diteriaki maling itulah, tiga dari empat pelaku yang sebelumnya ada di dalam rumah korban, langsung lari keluar menuju ke mobil yang di parkir di samping lokasi kejadian. Mereka yang mencoba kabur dengan menggunakan mobil, ternyata kendaraan itu malah masuk ke dalam parit sehingga lari. Seorang pelaku, berhasil ditangkap setelah petugas langsung bersama warga melakukan pengejaran,” tambahnya. (sit/aim)