Lagi, Penipuan melalui Facebook

MALANG – Awas, jangan mudah percaya jika ada teman di facebook (FB), meminta uang lalu menyuruh mentransfer. Karena itu bisa jadi modus penipuan. Pasalnya saat ini banyak pelaku yang pandai membajak FB, kemudian memanfaatkannya untuk melakukan penipuan.
Salah satunya seperti yang dialami Fidiana, 41 tahun, warga Jalan Sekicau, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, akhir pekan lalu. Ia menjadi korban penipuan dari pelaku yang memanfaatkan akun facebook milik temannya.
Kendati kerugian yang dialaminya tidak besar, yaitu hanya Rp 700 ribu, namun untuk memberi efek jera sekaligus menjadi pembelajaran masyarakat, korban melaporkan ke Polres Malang Kota. Dan saat ini laporannya masih dalam tahap penyelidikan Unit Reskrim.
Diceritakan korban kepada penyidik saat laporan, peristiwa penipuan yang dialami berawal ketika ia membuka pesan (inbox) pada facebook miliknya, sekitar pukul 13.15. Dalam pesan tersebut, pelaku mengaku sebagai teman korban bernama Nunung. Pelaku minta korban untuk mentransfer uang Rp 700 ribu ke rekening keponakannya, bernama Andreas Saba Ora, dengan rekening 900013883179.
Karena tidak curiga, dan menganggap memang itu temannya, korban lalu pergi ke ATM Jalan MT Haryono Malang. Ia lalu mentransfer sejumlah uang yang diminta oleh pelaku. Usai ditransfer, korban langsung pulang.
Belum lama berada di rumah, korban kembali mendapat pesan di facebook dengan nama yang sama. Kali ini, pelaku kembali meminta ditransfer uang sebesar Rp 200 ribu ke rekening, 1550006398723 atas nama Lina Wati. Dari permintaan kedua ini, korban baru merasa curiga. Ia lalu menghubungi temannya (Nunung, red) melalui telepon.
Saat dihubungi, ternyata temannya sama sekali tidak meminta uang. Karena merasa telah tertipu inilah akhirnya melaporkan ke polisi. “Kejadian ini adalah modus baru dari pelaku penipuan. Karenanya kami mengimbau masyarakat untuk tidak percaya, jika mengalami kejadian seperti ini. Lebih baik, mengkroscek pada yang bersangkutan langsung melalui telepon,” jelas Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni.(agp)