23 Perwira Polisi Malang Raya Dimutasi

MALANG – Sebanyak 120 perwira pertama dan menengah di jajaran Polda Jawa Timur dimutasi. 23 perwira diantaranya adalah dari Malang Raya. Mulai dari Kapolsek, Kasat, Kabag hingga Waka Polres. Mutasi ini berdasarkan Surat Telegram Kapolda Jatim nomor : ST/2595/XII/2014/RO SDM tertanggal 16 Desember 2014.
Salah satunya adalah Kapolsekta Sukun, yang sejak kemarin resmi dijabat oleh AKP Sutantyo, yang sebelumnya menjabat Kapolsek Bumiaji. Kompol M Toyib Subur, yang sebelumnya menjabat Kapolsekta Sukun, menjadi Kapolsek Purworejo – Pasuruan. Upacara serah terima jabatan (Sertijab) kemarin dipimpin Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto. Sedangkan Kapolsek Bumiaji, digantikan AKP Sukatno, Kasubbag Progar Bagren Polres Batu.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Kompol M Toyib Subur, yang selama ini telah menjalankan tugas dengan baik. Prestasinya selama menjabat sangat bagus. Termasuk ke dekatannya dengan anggota. Lanjutkan prestasi yang sudah baik ini di tempat tugas yang baru. Dan untuk AKP Sutantyo, kami ucapkan selamat datang,” terang Totok Suharyanto.
Sedangkan AKP Sutantyo, mengaku siap melanjutkan tugas yang telah dijalankan oleh Kompol M Toyib Subur. Termasuk beberapa kasus tunggakan yang belum terungkap, semaksimal mungkin akan diusahakan untuk diungkap. “Saya orang baru, kami mohon kerjasama untuk menjalankan tugas ini,” ujarnya.
Sementara perwira lainnya yang ikut mutasi adalah, AKP Nuryono, Kapolsek Wagir menjadi Kasubbagpers Bag Sumda Polres Malang. Penggantinya AKP Yusuf Suryadi, Paur Sistandardisasi Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim. Kasatlantas Polres Batu, AKP Yudi Wahyu Hindarto, menggantikan jabatan AKP Yusuf Suryadi.
Jabatan Kasatlantas Polres Batu digantikan oleh AKP Miftahul Amin Ssos, yang sebelumnya Kapolsek Perak Polres Jombang. Kompol Bindriyo, Kasubag Sumda Polres Malang menjadi Analis Kebijakan Pertama Bidang Perencanaan Polres Malang Kota. Penggantinya Kompol Dra Hj Tutik Darmandari yang sebelumnya Kabagren Polres Malang. Kabagren Polres Sidoarjo, Kompol Suhartini eko Purwati menggantikan jabatan Kompol Dra Hj Tutik Darmandari.
Kompol Darmono, Kabag Ops Polres Batu menjadi Kabagren Polres Sidoarjo. Penggantinya adalah Kompol Zein Mawardi, Kasubbagsisin Folap Gag RBP Rorena Polda Jatim, yang juga mantan Kapolsek Dau. AKP Farid Fatoni, Kapolsek Sumbermanjing Wetan, menjadi Kasubbag Dalgar Bagren Polres Malang. Penggantinya AKP Timbul Wahono yang sebelumnya Kapolsek Poncokusumo. AKP Agus Siswo Hariadi yang sebelumnya Kapolsek Kalipare menjadi Kapolsek Poncokusumo.
AKP I Made Suardana, Kanit Sabhara Polsek Singosari, menggantikan jabatan AKP Agus Siswo Hariadi. Kapolsek Wajak, AKP Sardikan menjadi Kasubbag Sarpras Bag Sumda Polres Malang. Jabatannya digantikan AKP Endro Sujiat yang sebelumnya Waka Polsek Turen. AKP Supriadi Kanit Sabhara Polsek Dau, menjadi Pama Polres Malang.
Kompol Faruk Afero, Waka Polres Batu menjadi Kanit IV Premanisme, Pemerasan dan Pencurian Subdit III Ditreskrimum Polda Jatim. Jabatan Waka Polres Batu digantikan Kompol Mudawaroh, yang sebelumnya Waka Polres Bondowoso juga mantan Kabag Sumda Polres Malang Kota.
Kabag Ops Polres Malang Kompol Imam Rofik juga ikut diganti. Ia promosi menjadi Kabag Sumda Polres Probolinggo. Jabatannya digantikan Kompol Suryo Hapsoro, yang sebelumnya Kapolsek Wonokromo Polrestabes Surabaya.
Sementara itu, sebelas Kapolres di jajaran Polda Jatim juga segera dimutasi. Mutasi para Kapolres berdasarkan TR Kapolri No : ST/2502/XIII/2014 tanggal 16 Desember 2014. Dari sebelas Kapolres, salah satunya adalah Kapolres Malang Kota AKBP Totok Suharyanto. Jabatan Totok akan digantikan oleh AKBP Singgamata, yang sebelumnya menjabat Kapolres Lumajang.(agp)