Nyaru Jamaah Pengajian, Ternyata Copet

MALANG POST - Sugiyanto, 50 tahun, warga Jalan Wijaya Kusumo RT 02 RW 06 Situbondo, sejak Kamis (25/4) harus mendekam di balik jeruji sel Mapolsek Kepanjen. Dia nyaris dimassa, setelah kedapatan mencopet ponsel milik salah seorang jamaah pengajian Riyadlul Jannah di Masjid Baiturrokhman Kecamatan Kepanjen.
Beruntung petugas kepolisian yang berada di lokasi kejadian tersebut dengan sigap mengamankan tersangka dan membawanya ke Mapolsek Kepanjen. Sehingga nyawa tersangka dapat terselamatkan, lantaran terhindar dari amuk massa. Kapolsek Kepanjen Kompol Sulistyo Nugroho mengatakan, tersangka mengaku beraksi lebih dari 100 kali.
“Tersangka mengaku beraksi di berbagai kota maupun kabupaten yang ada di Jawa Timur. Sedangkan sasarannya adalah, tempat yang banyak mengundang massa, seperti konser, pasar malam dan juga pengajian,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Dijelaskannya, saat beraksi di pengajian Riyadlul Jannah, tersangka bernasib apes.
Saat itu tersangka akan mengambil ponsel milik seorang jamaah bernama Eko Purwanto, 42 tahun, warga Desa Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu. Modus yang dilakukan tersangka, ikut menyaru sebagai jamaah. Yakni dengan menggunakan pakaian umat muslim seperti kopiah, baju takwa dan juga sarung.
“Tersangka memanfaatkan situasi yang ramai itu untuk menjalankan aksinya. Saat jamaah sedang berebut bersalaman dengan Kiai pemimpin pengajian itu, dia melancarkan aksinya,” ujar perwira menengah (Pamen) dengan satu melati di pundaknya. Namun, apes didapatkan oleh tersangka yang ketahuan korbannya.
Saat tersangka kepergok hendak mengambil ponsel di dalam kantong celana korban. Sontak korban berteriak minta copet yang membuat heboh tempat tersebut. Kegaduhan itu, diketahui oleh petugas kepolisian. Dengan sigap, petugas langsung mengamankan tersangka dan membawanya ke Mapolsek Kepanjen.
“Tersangka merupakan residivis kasus yang sama di Mojokerto,” imbuh mantan Kasubdit Pengamanan Obyek Vital (Pam Obvit) Polda Jawa Timur. atas perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal 362 tentang pencurian yang ancaman hukuman empat tahun penjara.(big/ary)