Tiga Pelaku Pembunuhan Pengusaha Ditangkap

SURABAYA- Tiga pelaku pembunuhan terhadap Budi Hartono Tamadjaja (45) ditangkap. Mereka terdiri dari dua warga sipil dan seorang tentara. Namun ketiga pelaku bukanlah otak dari pembunuhan tersebut. "Tiga pelaku kami tangkap. Satu pelaku dari militer ditangani oleh kesatuannya," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombespol Setija Junianta kepada wartawan, Senin (29/12/2014).
Dua pelaku adalah Rendro Wibowo alias Wid (41), warga Pacar Kembang II dan Fitroni alias Roni (29), warga Mulyorejo. Sementara satu tentara yang ikut terlibat adalah WR (35), seorang tamtama yang berdinas di Dermaga Ujung.
Menurut pengakuan Wid dan Roni, otak dari pembunuhan itu adalah Alex Hermanto. Alex adalah pemilik toko keramik dan granit Karya Jaya Abadi di Jalan Penghela. Dua pelaku adalah karyawan Alex. Namun Alex tidak beraksi seorang diri. Alex dibantu oleh istrinya, Tarsono, dan JS. Tarsono adalah seorang pecatan tentara sementara JS adalah seorang militer yang masih aktif dan teman satu satuan dengan WR yang sudah tertangkap."Semua masih buron," lanjut Setija.
Peran para pelaku juga berbeda-beda. Alex adalah pelaku yang mengeksekusi atau membunuh korban. Roni adalah pelaku yang menguras uang korban di ATM. Wid, WR, JS, Tarsono adalah para pelaku yang menculik dan menganiaya korban. Sementara istri Alex mengetahui, dan ikut serta dalam pembagian uang.
Dari kasus tersebut, polisi mengamankan sejumlah barang bukti yakni pakaian yang terakhir kali dikenakan korban, tali kawat (bendrat), plastik, lakban, mobil pelaku yakni Mazada BT 50, Toyota Avanza nopol W 473 XM, dan Toyota Kijang Innova nopol L 1064 FF. (jpnn/udi)