Kecanduan SS, Duda Bumiayu Diringkus

Tersangka Purnomo bersama dengan barang bukti narkoba

MALANG – Satu lagi budak narkotika jenis sabu-sabu (SS), berhasil diamankan petugas Satuan Reskoba Polres Malang Kota. Kali ini tersangkanya adalah Purnomo, 36 tahun, warga Jalan Lembayung Dalam, Kelurahan Bumiayu, Kedungkandang. Ia ditangkap petugas di Jalan Raya Lembayung, Kedungkandang, Rabu lalu.
Dari tangan duda satu anak ini, polisi mengamankan barang bukti sebanyak enam poket SS seberat satu gram. Barang haram tersebut ditemukan petugas di dalam dompet milik tersangka.
Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni mengungkapkan, tersangka Purnomo ini, sudah lama masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Ia menjadi target polisi, setelah sebelumnya petugas mendapat informasi kalau tersangka kerap mengkonsumsi narkoba SS.
Begitu tersangka diketahui baru saja membeli SS, polisi yang sudah mengincarnya langsung menangkap. “Semula saat ditangkap ia tidak mengakui. Namun ketika digeledah dan ditemukan barang bukti, tersangka tidak bisa mengelak lagi,” ujar Nunung Anggraeni.
Akibat perbuatannya tersebut, Purnomo yang juga mengaku tinggal di Jalan Kolonel Sugiono Gg V Kota Malang ini, dijerat dengan pasal 112 Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara.
Sementara itu, dalam pemeriksaan tersangka mengaku kalau serbuk haram tersebut untuk dikonsumsi sendiri. SS tersebut dibeli dari seorang temannya yang kini masih buron. Ia membeli sudah tiga kali sejak Oktober 2014 lalu.
“Setiap kali membeli selalu satu gram seharga Rp 1,2 juta. Ia memakai SS tersebut sebagai dopping supaya badannya merasakan enak, karena ia pekerja kasar di proyek bangunan,” tutur Nunung.(agp/nug)