Mahasiswa DO Mencuri

MALANG – Berdalih butuh uang untuk makan, M Abdurrobi Jundullah, 20 tahun, nekat melakukan aksi pencurian. Warga Jalan Rambutan, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen ini, mencuri sebuah HP Blackberry serta printer. Ironisnya, barang yang dicuri tersebut adalah milik teman karibnya sendiri, yakni Zulwansyah, mahasiswa yang kos di  Jalan MT Haryono VIII B Malang.
“Tersangka ini kami tangkap tak jauh dari tempat tinggal korban. Penangkapannya tidak membutuhkan waktu lama, karena korban mengenali pelakunya,” ujar Kapolsekta Lowokwaru, Kompol Kuswara.
Informasi yang diperoleh, hubungan tersangka dengan korban ini adalah teman akrab. Tersangka selama ini kerap datang ke tempat kos korban dengan alasan bermain. Termasuk akhir pekan kemarin, sebelum mencuri tersangka datang ke tempat kos korban. Karena teman akrab, korban sama sekali tidak mencurigainya.
Setelah ngobrol beberapa menit, korban berpamitan pada tersangka untuk keluar sebentar, karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan. Tersangka yang diketahui mahasiswa drop out (DO) sendiri saat itu diminta untuk menjaga tempat kos. Saat korban pergi inilah, tersangka lalu beroperasi. Ia mengambil printer serta HP Blackberry milik korban dimasukkan ke dalam tas ransel, yang kemudian kabur.
Apes, saat mau meninggalkan tempat kos, tersangka berpapasan dengan korban yang pulang setelah dari jalan-jalan. Ketika pulang, tersangka terlihat buru-buru sembari membawa tas punggung. Curiga ada yang tidak beres, korban lalu masuk kos dan memeriksa barang-barang miliknya.
Ketika dichek ternyata printer serta HP Blackberry miliknya tidak ada. Karena yakin bahwa pelakunya adalah teman karibnya, M Abdurrobi Jundullah, korban langsung melaporkannya ke petugas Polsekta Lowokwaru. Berdasarkan laporan itulah, polisi lalu mencari keberadaan tersangka dan berhasil menangkapnya.
“Korban melaporkan pencuriannya dini hari sekitar pukul 02.00. Dan pagi harinya tersangka berhasil kami tangkap. Barang bukti yang dicuri tersebut tidak untuk dijual oleh tersangka, melainkan dimiliki sendiri,” jelasnya.(agp)