Tertangkap, Pelaku Jambret Dimassa

MALANG – Seorang pelaku jambret babak belur menjadi sasaran amuk massa, Minggu (18/1) malam lalu. Yaitu Muhammad Rizal, 23 tahun, warga Jalan Bandulan Gg VIII Malang. Ia ditangkap warga lalu dipukuli, setelah tertangkap tangan menjambret tas milik Ajeng Ayu Ningrum, 21 tahun, warga Jalan Mayjend Sungkono, Kelurahan Buring, Kedungkandang.
Beruntung petugas Polsekta Kedungkandang yang mendapat informasi, segera datang ke lokasi. Selanjutnya dengan kondisi babak belur, tersangka beserta barang bukti tas berisi tiga buah HP milik korban, serta satu unit sepeda motor Yamaha Mio W 6209 TU yang dijadikan sarana beraksi, digelandang ke Mapolsekta Kedungkandang.
“Pengakuannya baru sekali menjambret. Namun kami tetap akan mengembangkan kasusnya, apakah ada pelaku lainnya. Termasuk apakah ada tindak kejahatan lain yang dilakukan oleh tersangka ini,” ungkap Kapolsekta Kedungkandang, Kompol Putu Mataram.
Aksi jambret tersebut terjadi sekitar pukul 22.00, di Jalan Raya Danay Toba (depan Karaoke Fantasi) Sawojajar. Malam itu, tersangka mengaku berniat pulang setelah dari rumah temannya di Tumpang. Ia pulang dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Mio, yang diakui milik kekasihnya.
Ketika melintas di lokasi kejadian, tersangka melihat korban naik motor sendirian. Ia melihat tas korban yang ditaruh pada dasbord (bawah setir). Melihat itu, langsung timbul niatan tersangka untuk menjambret tas korban berisi tiga buah HP merek Hammer, IMO Buzz serta Advan.
Ia lalu membuntuti korban dari belakang. Selanjutnya ketika di tempat sepi, tersangka langsung merampas tas yang kemudian kabur. Korban yang sadar tas miliknya dijambret, berusaha mengejar sembari berteriak maling. Warga sekitar yang kebetulan melintas dan mendengar teriakan itu, berusaha mengejar.
Hasilnya jarak sekitar 500 meter, tersangka berhasil ditangkap oleh warga, di Jalan Danau Singkarak Sawojajar. Selanjutnya tanpa ada yang mengomando, warga langsung memukulinya ramai-ramai hingga babak belur.
“Saya baru sekali ini saja menjambret. Itupun karena terpaksa butuh uang untuk membayar hutang pada teman. Niatan menjambret itu, muncul seketika saat melihat tas korban. Sepeda motor yang saya pakai itu, juga pinjam kepada pacar,” tutur tersangka M Rizal.(agp/nug)