Rumah Ketua RW Terbakar,Kerugian Rp 20 Juta

Rumah Ketua RW 04 Dusun Wonokasian Desa Pagedangan Kecamatan Turen,  porak poranda setelah terbakar

TUREN- Kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Malang. Kali ini, kebakaran melanda rumah Ketua RW 04 Dusun Wonokasian Desa Pagedangan Kecamatan Turen, Isman, kemarin pagi. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Karena penghuninya berhasil menyelamatkan diri. Kerugian ditaksir lebih dari Rp 20 juta.
“Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Menerima laporan dari masyarakat, anggota kami langsung menuju lokasi kejadian,” ujar Kapolsek Turen AKP Kasmidi kepada Malang Post kemarin. Dijelaskannya, peristiwa kebakaran tersebut pertama kali diketahui tetangga korban bernama Rofi’i, 45 tahun.
Saat itu, saksi melihat kepulan asap  hitam pekat dari halaman belakang rumah korban. Tidak lama berselang, dia melihat kobaran api cukup besar. Kemudian, diapun berteriak minta tolong dan memberitahu Isman, bahwa rumahnya terbakar. Korban yang saat itu di ruang tamu, langsung berlari keluar rumah untuk menyelematkan diri.
“Asal api dari tumpukan kayu yang ada di halaman belakang. Kemudian, dengan cepatnya, api merambat ke bagian dapur,” kata Isman saat ditemui di lokasi kejadian. Kobaran api itu, semakin membesar. Dari dapur, si jago merah kemudian melahap kamar yang berada di dekat dapur. Tidak hanya itu, api juga membakar kamar mandi.
Karena api semakin besar, warga kemudian berinisiatif untuk mencoba memadamkannya. Masyarakat menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api. Seperti ember, gayung, selang yang berisikan air. Mereka secara bergantian mengambil air PDAM dan sumber yang ada di rumah mereka masing-masing.
Usaha tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Sekitar 30 menit kemudian, api berhasil dipadamkan. Namun, barang-barang berharga milik korban hangus ikut terbakar. Korban dibantu warga sekitar, membersihkan rumah yang terbakar dan tersiram air. Sembari mencari barang berharga yang masih bisa dipergunakan.
Akibat kejadian itu, korban  mengalami kerugian lebih dari Rp 20 juta. Petugas kepolisian yang datang, langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Sedangkan asal api, diduga dari tumpukan kayu bakar di halaman belakang.“Tumpukan kayu bakar itu memang kering. Mungkin tersengat matahari, lalu terbakar. Apalagi cuaca pagi ini, memamng sangat terik,” kata Isman. (big/nug)