Penipuan Bermodus Menang Lelang Dibongkar

MALANG POST - Kasus penipuan melalui telepon berhasil dibongkar Polres Probolinggo Kota. Darwis, pria berusia 35 tahun, warga asal Tanjung Balai, Sumatera utara, terpaksa berurusan dengan polisi setelah seorang korbannya melapor ditipu sebesar Rp 40 juta.
Polisi pun bekerjasama dengan perbankan melacak nomor rekening tersangka yang beralamat di Makasar. Hingga akhirnya terjadi penarikan uang di wilayah Tanjung Balai, Sumatera utara. Dengan dibantu Polres Tanjung Balai, akhirnya tersangka Darwis berhasil dibekuk dan kemudian diterbangkan ke Probolinggo.
Kasat Rekrim Polres Probolinggo Kota AKP Damar Bastiar menuturkan, modus pelaku dengan cara mengiming-imingi calon korbannya berhasil menang lelang produk elektronik dengan cara menelepon. "Korban yang terlanjur percaya akhirnya mentransfer uang ke rekening tersangka hingga mencapai Rp 40 juta," kata AKP Damar kepada wartawan di kantornya, Jumat (30/1/2015).
Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan uang Rp 40 juta, pecahan Rp 100 ribu, sejumlah buku tabungan, resi transfer dan sebuah ponsel. "Saat ini polisi masih menyelidiki kasus tersebut dan kemungkinan besar ada pelaku lain dan banyak korban yang belum melapor ke kepolisian," jelasnya. (jpnn/tri/udi)