Balap Liar, Delapan Pemuda Diamankan

PAKIS – Balapan liar yang sering dilakukan di Jalan Raya Bunut Wetan, Kecamatan Pakis setiap akhir pekan, di razia Polsek Pakis Minggu malam kemarin. Balapan liar yang sering meresahkan warga itu di obrak dalam Operasi Bina Kusuma 2015. Polisi berhasil menjaring delapan pemuda yang ada di lokasi balapan liar dengan sepeda motornya.
Selain mengamankan sejumlah pemuda, petugas juga menyita beberapa sepeda motor yang kesemuanya diketahui protolan. Bahkan, dari lokasi sama juga diamankan kemasan minum-minuman keras yang dikonsumsi saat dilakukan operasi.
“Sasaran dari operasi ini yakni untuk mencegah terjadinya tindak kriminal. Mereka yang diamankan dilakukan pendataan dan pembinaan. Usainya mereka langsung diperbolehkan pulang.Karena belum sampai terlibat aksi tindak pidana. Sehingga, hanya dilakukan pembinaan,” kata Kapolsek Pakis, AKP Heri Purwanto kepada Malang Post, kemarin.
Terkait dengan kendaraan yang diamankan, tambahnya, karena rata-rata kelengkapan kendaraannya tidak lengkap, maka diminta untuk segera melengkapi. Termasuk, membawa bukti-bukti kepemilikan kendaraan.
“Agar tidak mengulang perbuatannya dengan kebut-kebutan, setiap pemilik harus melengkapi kendaraannya di Mapolsek. Semua kelengkapan motor dipasang. Begitu selesai dan surat-surat kepemilikan ada, langsung diperbolehkan untuk dibawa pulang,” tambahnya.
Masih menurut Heri, operasi Bina Kusuma yang dilakukan anggotanya akan terus dilakukan hingga sebulan terakhir. Sasarannya tetap sama yakni lokasi-lokasi yang dianggap bisa memicu terjadinya tindak kejahatan. Salah satunya, mereka yang diketahui mabuk-mabukan. (sit/aim)