Pencurian Rumah Kosong Kian Marak

MALANG – Awas pelaku pencurian rumah kosong, mulai gentayangan di Kota Malang. Pelaku tidak hanya beraksi pada malam hari, tetapi sudah berani siang bolong. Seperti yang terjadi di Perum Puri Bunga, Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Minggu (8/2) lalu. Rumah milik Novianto, 33 tahun, ini digarong kawanan pencuri.
Akibat kejadian pencurian tersebut, barang-barang berharga senilai sekitar Rp 25 juta miliknya raib. Diantaranya seperti perhiasan emas seberat 30 gram yaitu berupa kalung, gelang, cincin serta liontin. Juga uang tunai Rp 5 juta, ditambah 6000 Dollar Singapura dan 1400 Ringgit Malaysia, termasuk buku parpor.
Diperoleh keterangan, sekitar pukul 12.00 korban pergi mengantarkan ibunya untuk berobat ke dokter. Sebelum rumahnya ditinggal kosong, korban sudah memastikan rumah dalam kondisi tertutup dan terkunci, termasuk pagar rumahnya. Setelah dirasa aman, korban lalu pergi.
Saat pergi inilah, pelaku yang sudah mengincar langsung beraksi. Diperkirakan pelaku masuk rumah dengan cara melompat pagar. Selanjutnya merusak jensela serta pintu samping rumah. Setelah terbuka, pelaku lantas masuk dan menuju ke dalam kamar pribadi korban.
Di sinilah pelaku menemukan barang-barang berharga tersebut. Setelah berhasil, pelaku lalu kabur lewat jalan semula. Korban baru mengetahui rumahnya telah menjadi sasaran pencuri, sekitar pukul 14.45.
Ketika itu, korban yang baru pulang kaget setelah melihat jendela serta pintu samping rumah, ada bekas congkelan. Termasuk pintu rumahnya sudah terbuka. Curiga ada pencuri masuk, korban lalu mengecek barang-barang berharga miliknya. Saat dilihat, ternyata barang-barang berharga itu sudah tidak ada.
Lantaran merasa dirugikan, korban lantas melaporkannya ke petugas Polsekta Lowokwaru. Berdasarkan laporan, polisi lalu datang ke lokasi untuk melakukan olah TKP. Hasil olah TKP, polisi menemukan beberapa sidik jari yang diduga milik pelaku. “Untuk pelakunya saat ini masih diselidiki dengan memeriksa keterangan saksi-saksi. Dengan kejadian pencurian ini, kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menyimpan barang berharga,” ujar AKP Nunung Anggraeni, Kasubag Humas Polres Malang Kota.(agp/nug)