Awas, Penjahat Jalanan Kembali Beraksi

MALANG – Polisi harus bertindak tegas. Penjahat jalanan alias jambret, kembali bikin ulah di Kota Malang. Akhir pekan lalu, dua orang perempuan mengadu menjadi korban penjambretan. Tas serta handphone milik mereka, raib dibawa kabur pelaku.
Pertama kejadian penjambretan  dialami oleh Hana Anggita, 19 tahun, mahasiswi asal Bandung – Jawa Barat yang indekos di Jalan Terusan Ambarawa Malang. HP Sonny Experia warna hitam miliknya dirampas oleh pelaku.
Menurut Hana kepada penyidik saat laporan, peristiwa penjambretan tersebut dialaminya Minggu (8/2) pagi sekitar pukul 07.30, di Jalan Veteran Malang. Ditambahkan, pagi itu korban jalan kaki sembari memegang HP Sonny Experia miliknya. Ia berjalan menyeberang dari selatan ke utara, hendak pergi ke kampus Universitas Brawijaya.
Ketika berhenti di pinggir jalan sebelah utara, mendadak dihampiri dua orang laki-laki tak dikenal yang berboncengan sepeda motor. Kedua pelaku ini datang dari arah barat. Setelah dekat dengan korban, satu pelaku yang dibonceng turun dari motor langsung merampas HP korban.
Begitu berhasil mendapatkan barang yang diincar, pelaku langsung kabur. Sementara korban yang tidak terima dengan kejadian itu, melaporkannya ke polisi. Ia mengku mengalami kerugian sekitar Rp 2,2 juta.
Selang beberapa jam kemudian, peristiwa penjambretan ini dialami oleh Umi Nuraini, 26 tahun, warga Sukun Gempol. Dompet berisi uang Rp 800 ribu serta beberapa barang berharga dirampas oleh dua orang pria tak dikenal.
Kejadiannya di Jalan Kauman Malang. Siang itu sekitar pukul 10.30, korban sedang berboncengan dengan temannya mengendarai sepeda motor Honda Vario. Ketika di simpang tiga Jalan Hasim Asyari Malang, saat mau belok kanan motor korban dipepet oleh dua pelaku yang berboncengan sepeda motor Honda Beat.
Selanjutnyta pelaku yang dibonceng, mengambil dompet milik korban yang ditaruh di atas pangkuannya. Baru setelah itu pelaku langsung kabur. Korban dan temannya sempat mengejar sembari berteriak jambret. Tetapi kedua pelaku sudah terlanjut kabur jauh.
“Untuk kejadian jambret di Jalan Kauman, oleh korban dilaporkan ke Polsekta Klojen. Sedangkan yang terjadi di Jalan Veteran, dilaporkan ke Polres Malang Kota. Namun kedua laporan tersebut sudah diterima, dan saat ini perkaranya sedang dalam tahap penyelidikan,” ungkap Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni.(agp)