Basmi Preman Jalanan,Gelar Operasi Sikat Semeru

MALANG – Untuk meningkatkan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Kota Malang, Polres Malang Kota akan menggelar operasi terhadap premanisme jalanan. Kegiatan bertajuk ‘Operasi Sikat Semeru 2015’ ini, akan digeber selama dua pekan, mulai hari ini sampai 25 Februari nanti.
“Operasi Sikat Semeru 2015 ini, nantinya lebih pada penegakkan dan hukum. Tujuannya adalah untuk meningkatkan Kamtibmas di Kota Malang,” ungkap Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata SIK.
Selain sasarannya adalah premanisme, operasi ini juga sebagai upaya penanggulangan pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian pemberatan (curat) serta pencurian dengan kekerasan (curas). Termasuk pencurian hewan (curwan), penyalahgunaan senjata tajam (sajam) serta senjata api (senpi) yang selama ini meresahkan masyarakat.
“Untuk operasi premanisme ini, sebetulnya setiap harinya kami sudah melakukan razia terhadap premanisme. Namun khusus untuk Operasi Sikat Semeru 2015 nanti, sudah ada tiga premanisme yang menjadi target operasi,” terang mantan Kapolres Lumajang ini.
Begitu juga dengan target untuk kasus lainnya. Perwira dengan pangkat dua melati ini, mengatakan masing-masing sudah ada target operasi (TO) untuk segera diungkap. Dan untuk merealisasikan giat Operasi Sikat Semeru 2015 ini, seluruh personil telah dilibatkan.
“Semua personil kami libatkan, termasuk personil di Polsek jajaran. Khususnya adalah personil dari fungsi Reskrim untuk bekerja keras, menangkap TO. Siapa yang menjadi TO, masih kami rahasiakan,” paparnya.(agp)