Truk Tabrak Truk, Macet Hingga 2 KM

MALANG – Kecelakaan terjadi di Jalan Raya Ahmad Yani Utara (Bale Arjosari) Malang, sore kemarin. Truk bermuatan kertas, menabrak truk lain bermuatan material bangunan. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kejadian itu mengakibatkan macet panjang hingga dua kilometer.
Peristiwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 15.00. Kecelakaan melibatkan truk boks nopol N 9650 CI bermuatan kertas yang dikemudikan Indra Bagus Setiawan, 42 tahun, warga Jalan Bareng Kartini Malang, dengan kendaraan truk nopol L 8117 VH bermuatan material bangunan.
Sebelum terjadi kecelakaan, kedua truk sama-sama melaju dari arah utara ke selatan dengan kecepatan sedang. “Saya dari Surabaya mengambil kertas, untuk dibawa ke percetakan buku di Pandanlandung, Kecamatan Wagir,” ujar Indra.
Ketika memasuki perbatasan Kota Malang, truk boks yang dikemudikan Indra berada di jalur kanan. Sedangkan truk bermuatan pasir yang ada di depannya, mengambil jalur kiri dengan kecepatan tinggi. “Di truk itu (truk bermuatan material), setahu saya ada empat orang. Tiga orang duduk di depan, sedangkan seorang duduk di bak truk,” terang Indra.
Saat melintas di lokasi, tiba-tiba roda depan sebelah kiri truk bermuatan material ini meletus. Mungkin karena saking beratnya muatan serta tingginya kecepatan truk, begitu roda meletus truk itu langsung terpelanting dengan berputar arah.
Bersamaan dengan itu, di belakangnya ada truk boks yang dikemudikan oleh Indra. Lantaran jarak cukup dekat dan tidak bisa menghindari, akhirnya tabrakan pun tak terhindarkan, hingga membuat truk bermuatan pasir terguling.
Warga sekitar dibantu pengendara lain yang mengetahui, langsung berdatangan untuk menolong. Dua penumpang truk yang mengalami luka-luka, segera dikeluarkan untuk dibawa ke RSSA Malang. Sedangkan dua lainnya selamat, hanya luka lecet ringan.
“Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Hanya dua orang penumpang truk muatan material mengalami luka-luka. Data korban masih dibawa petugas yang dilapangan. Dan untuk kedua kendaraan yang terlibat kami amankan sebagai barang bukti,” terang salah satu petugas Laka Lantas Polres Malang Kota.(agp)