Dua Hari, Tiga Mobil L300 Hilang

MALANG – Kota Malang terus diobok-obok kawanan curanmor. Selama dua hari berturut-turut, tiga unit mobil merek Mitsubishi L300 jenis pick up dilaporkan hilang dicuri. Mobil tersebut dicuri ketika parkir di dalam garasi serta teras depan rumah.
Kejadian pertama di Jalan BS Riadi, Kelurahan Oro-oro Dowo Malang pada 13 Februari lalu. Mobil pick up nopol B 9355 PAG, dicuri ketika parkir dalam garasi toko percetakan. Padahal sebelum diketahui hilang, pintu garasi dalam keadaan terkunci. Termasuk mobil dalam keadaan terkunci stang stir.
Malam sebelum hilang, sekitar pukul 20.00, Yanuar Budi Winoto, 36 tahun, warga Jalan Nusa Indah, Lowokwaru, memarkir mobil tersebut di dalam garasi. Yanuar adalah karyawan di toko percetakan tersebut. Setelah diyakini dalam keadaan aman karena sudah terkunci, oleh Yanuar lalu ditinggal pergi.
Pagi harinya ketika kembali ke toko sekitar pukul 05.20, pintu garasi dalam keadaan terbuka. Mobil pick up warna hitam seharga Rp 150 juta, sudah tidak ada. Karena tidak ada yang mengetahui, akhirnya kejadian tersebut dilaporkan ke Polres Malang Kota.
Peristiwa kedua terjadi di Jalan Raya Tlogomas Malang, 14 Februari lalu. Mobil dengan merek serta jenis yang sama, milik Supangat, 40 tahun, hilang dicuri. Mobil L300 N 8843 YD tersebut, dicuri ketika parkir di depan rumah.
“Padahal sebelumnya, sudah saya kunci stang setir,” ujar Supangat, kepada polisi saat laporan. Ia mengatakan, sebelum hilang malam harinya sekitar pukul 19.00, mobil diparkir depan teras rumah. Kemudian oleh korban ditinggal masuk ke dalam rumah untuk istirahat.
Sekitar pukul 01.00, ketika terbangun dari tidur, korban melihat mobilnya masih ada. Namun ketika pagi sekitar pukul 06.00, saat bangun korban terkejut karena mobilnya sudah tidak ada. Seketika ia lantas melaporkan ke petugas Polsekta Lowokwaru. Korban mengaku mengalami kerugian Rp 130 juta.
Kejadian terakhir terjadi di Jalan Batu Bara Malang, 14 Februari lalu. Mobil pick up L300 yang hilang adalah milik PT Alam Raya Makmur. Sebelum hilang mobil senilai Rp 95 juta, diparkir depan rumah Agus Rianto, 34 tahun, karyawan PT Alam Raya Makmur. Mobil diparkir dalam kondisi terkunci stang setir, sejak pukul 19.00 malam sebelumnya.
Setelah itu oleh Agus, ditinggal masuk rumah untuk istirahat. Sekitar pukul 02.00, saat terbangun ia melihat mobil masih ada. Namun pagi harinya sekitar pukul 05.00 setelah bangun ridur, mobil nopol N 8288 AD sudah tidak ada. Kejadiannya dilaporkan ke petugas Polsekta Blimbing.
“Untuk laporan pencurian ketiga mobil tersebut sudah kami terima. Sekarang ini kami masih menyelidiki pelakunya dengan memeriksa saksi-saksi. Kami juga kembali mengimbau kepada masyarakat yang memiliki mobil, supaya untuk berhati-hati,” papar Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni.(agp)