Mencuri Motor Malah Kecurian

PAKIS – Durrotun Nasihi, 28 tahun, warga Dusun Trajeng, Desa Pakisjajar, Pakis memang apes. Berharap mendapatkan duit dari mencuri motor. Malah motor curiannya, juga turut diembat orang lain.
Pegawai salah satu perusahaan di Pakis ini nekat mencuri motor Yamaha Vega nopol N 5144 HO, milik Muhammad Rubai, 26 tahun, teman kerjanya. Motor tersebut dicuri saat parkir di belakang perusahaan tempatnya bekerja.
“Saya tidak tahu warna biru itu adalah milik Rubai,” aku Durrotun.
Dia mengakui bahwa, timbul niat mencuri karena kemudi motor tidak terkunci. Niat itu kian kuat, karena kunci motor juga masih nyantol di lubang kunci. Tanpa melihat kiri dan kanan, Durrotun langsung menghidupkan motor dan membawanya kabur.  
“Saya membawanya ke salah satu kebun di Dusun Trajeng, Pakisjajar. Di kebun motor tersebut saya sembunyikan. Agar tidak ketahuan warga, motor ditutupi dengan dedaunan,’’ kata pria ini.
Setelah memastikan kondisi motor curiannya aman, Durrotun kembali ke perusahaan tempatnya bekerja dengan tenang. “Setelah pulang kerja, saya kembali ke kebun, untuk mencopot bodi motor. Rencananya, bodi motor tersebut akan saya jual keesokan harinya,’’ katanya.  
Namun keesokan harinya saat kembali ke kebun tempat motor disembunyikan. Pria ini menemukan karung berisi bodi motor yang sudah dipreteli. “Karungnya hilang. Saya tidak tahu siapa yang mencuri. Sedangkan motornya, masih ada saya tutup semak-semak,’’ katanya, Durrotun pun kembali ke rumahnya. “Motor tetap saya tinggal di kebun, saya takut membawa pulang, takut ditangkap polisi juga,’’ katanya.
Sementara, kasus pencurian tersebut cepat terungkap, karena korban yang cepat melapor. “Anggota langsung melakukan olah TKP. Beberapa saksi kami mintai keterangan, tidak terkecuali korban,’’ tambah Kapolsek Pakis AKP Heri Purwanto.
Dari hasil penyelidikan inilah, kemudian diketahui yang mencuri motor tersebut adalah Durrotun.
“Kamis (26/2) sore lalu kami langsung mendatangi rumah tersangka, tapi dia tidak ada. Dan baru malam harinya, melihat tersangka mengendarai motor Yamaha Vega curiannya. Sehingga malam itu juga kami melakukan penangkapan,’’ mantan Kapolsekta Kedungkandang ini.
Saat itu Durrotun sempat berkelit telah melakukan pencurian. Tapi setelah terus didesak, dia pun mengakui perbuatannya. Bahkan kepada petugas yang melakukan pemeriksaan, dia terpaksa mencuri karena butuh uang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.(ira/ary)