Mayat Bayi Ditemukan di Jatimulyo

MALANG – Sesosok mayat bayi laki-laki yang diperkirakan baru berusia sehari, ditemukan warga terapung di Sungai Brantas Jalan Jingga Indah, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, pagi kemarin. Bayi malang tersebut diduga sengaja dibuang oleh ibu kandungnya, karena malu hasil dari hubungan gelap.
Saat ditemukan, bayi tersebut tanpa terbungkus sehelai kainpun. Tali pusarnya masih ada. Namun kondisinya sudah mulai mengeluarkan bau anyir, karena diperkirakan dibuang sekitar dua hari lalu.
Untuk memastikan penyebab kematiannya, sekaligus menunggu proses penyelidikan, usai dievakuasi bayi tersebut langsung dibawa ke kamar jenazah RSSA Malang. “Untuk bayinya sudah kami bawa ke kamar mayat. Saat ini kami masih menyelidiki ibu yang tega membuang bayi tersebut,” ujar Kapolsekta Lowokwaru, Kompol Kuswara.
Adalah Achmad Fawaid, 22 tahun, mahasiswa UIN Malang yang tinggal di Jalan MT Haryono, Lowokwaru yang kali pertama mengetahui. Saat itu, saksi sedang melintas di atas sungai hendak buang air kecil.
Ketika melintas, saksi curiga dengan benda menyerupai boneka. Karena curiga saksi lalu mendekati untuk memastikannya. Saat dilihat ternyata, sesosok bayi laki-laki. Kejadian itupun lalu diinformasikan kepada warga sekitar yang kemudian diteruskan dengan melapor ke Polsekta Lowokwaru.
Polisi yang mendapat laporan, langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP. Selanjutnya setelah dievakuasi, bayi laki-laki tersebut dibawa ke kamar Forensik RSSA Malang.
“Dari keterangan beberapa saksi warga sekitar, sama sekali tidak mengetahui siapa ibu yang tega membuang bayi itu. Warga sekitar juga diakui tidak ada yang sedang hamil tua, ataupun baru melahirkan,” jelas Kuswara.(agp/nug)