Kapolres Malang Kota : Pelaku Sudah Teridentifikasi

MALANG – Setelah tiga bulan ‘puasa’ tanpa perampokan minimarket, dini hari kemarin perampok waralaba muncul lagi. Mereka beraksi ketika Polres Malang Kota sedang gencar-gencarnya memburu jaringan curanmor yang merasahkan masyarakat. Polisi seperti telah kecolongan.
Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata SIK, dikonfirmasi menegaskan pihaknya masih menyelidiki kasus itu dan pelaku sudah teridentifikasi.  “Tim Resmob sekarang ini sedang mengejar pelaku. Mohon doanya, semoga pelaku bisa segera kami tangkap,” ujar Singgamata.
Dengan kejadian perampokan itu, ia mengimbau kepada pemilik toko supaya tidak mengabaikan standar keamanan tokonya. Karyawan yang bertugas menjaga toko, supaya dilatih apa yang harus dilakukan ketika dalam keadaan darurat.
“Kejadian semalam (dini hari kemarin, red), dua karyawan sama sekali tidak ada upaya untuk menggagalkan aksi pelaku. Padahal lari saja bisa dan kemudian berteriak di jalan. Syukur-syukur bisa membela diri, karena pelaku yang masuk hanya seorang, sedangkan karyawan ada dua,” jelasnya.
Ia juga menyampaikan, ketika malam hari, kunci brankas jangan dipegang oleh pegawai toko. Tetapi lebih baik dibawa kepala toko atau supervisor. Termasuk agar memasang alarm atau panic button, sehingga jika terjadi keadaan darurat bisa segera menekan alarm tersebut.
Soal tindakan tegas untuk pelaku, Singgamata mengatakan, tindakan tegas kejahatan pastinya ada dan diberikan sesuai dengan prosedur yang ada. “Kalaupun pelaku melawan serta berusaha menyerang anggota, dan itu membahayakan pasti akan ada tindakan tegas,” paparnya.(agp/han)