Perampok Spesialis Rumah Kosong Dibekuk

SURABAYA – Kawanan perampok spesialis rumah kosong berhasil dibekuk tim crime hunter Polrestabes Surabaya, Sabtu dinihari kemarin. Sedikitnya tiga pelaku berhasil diamankan sebelum berhasil merampok rumah kosong di kawasan Tenggumung Surabaya. Ke tiga pelaku antara lain Agung Wibowo (25 tahun) warga Tanah Merah Surabaya, Arifin (22 tahun) warga Tambak Wedi dan Hasib (31 tahun) warga Wonosari Tegal Surabaya. Ketiganya sekarang meringkuk di tahanan Polrestabes Surabaya.
‘’Sebelum berhasil lolos, mereka tepergok pemilik rumah yang kebetulan juga anggota polisi. Saat ditangkap mereka tidak melakukan perlawanan,’’ kata AKBP Takdir Matanette, Kasatreskrim Polrestabes Surabaya di Polrestabes Surabaya, Sabtu kemarin.
Dikatakan Takdir, sejak lama mereka memang sudah mengincar motor yang diparkir di garasi rumah korban. Setelah dirasa tepat waktunya, mereka pun langsung membagi tugas masing-masing.
Khoirul dan Hasib bertugas merusak gembok pintu pagar. Setelah berhasil, gembok lalu dibuang ke selokan depan rumah. Begitu masuk, Hasib kebagian tugas merusak kunci stang Suzuki Satria bernopol L 6567 TI warna hitam milik korban. Tanpa kesulitan sama sekali, Hasib dengan berbekal kunci T berhasil membawa keluar Suzuki Satria.  Sedang, Agung bertugas di ujung jalan untuk memantau keadaan jika sewaktu-waktu ada patrol.
‘’Sebelum keluar garasi, korban masuk ke rumahnya setelah patrol. Mendengar pintu pagar terbuka pelaku kaget dan berusaha kabur. Tapi, berhasil ditangkap oleh korban,’’ kata Takdir dengan menunjukkan barang bukti dimaksudkan.
Dalam penangkapan diamankan barang bukti antara lain Yamaha Mio Soul yang digunakan tersangka sebagai sarana sekaligus hasil pencurian dari rumah di di Jl. Randu, Surabaya. Kemudian motor Suzuki Satria L 6567 TI milik korban, dan kunci T.
Sedangkan pasal yang dijerat kepada pelaku, penyidik akan menjeratnya dengan pasal 363 KUHP dengan pidana 7 tahun penjara. (has/udi)