Polisi Gerebek Pesta Sabu di Kosan

SURABAYA - Anggota Unit II Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polrestabes Surabaya berhasil meringkus seorang pemakai dan dua pengedar narkotika jenis sabu-sabu, pil ekstasi, dan ganja.
Tiga orang yang diamankan yaitu Linggo (21) warga Kenjeran, Surabaya; Aiviel (22) warga Mulyoagung, Tuban yang kos di Jl. Kedung Tarukan, Surabaya; dan Saiful (42) warga Jl. Brebek, Waru, Sidoarjo. AKP Hartono Kanit Idik II Satresnarkoba Polrestabes Surabaya mengatakan, penangkapan para tersangka berawal dari adanya informasi, seringnya pesta narkotika di sebuah kos kawasan Jl. Kedung Tarukan, Surabaya. Polisi langsung melakukan penyelidikan dan melakukan penggrebekan di sebuah kamar kos tersebut.
"Saat penggrebekan dua pelaku sedang pesta sabu-sabu yaitu Linggo dan Aiviel. Petugas juga mengamankan barang bukti ganja, sabu-sabu, dan alat hisap," kata AKP Hartono kepada wartawan, Rabu (11/3) kemarin.
Menurut keterangan para tersangka, sabu-sabu dan ganja tersebut diperoleh dari tersangka Saiful yang ditangkap setelah melakukan pengembangan usai penangkapan tersangka Linggo dan Aiviel. "Pengakuan para tersangka, Linggo hanya pemakai, sementara Aiviel merupakan kurir dari Saiful yang merupakan pengedar," ujarnya.
Saat melakukan penggrebekan di rumah Saiful, polisi mengamankan barang bukti 19,71 gram sabu-sabu, 9 butir pil ekstasi, pipet yang masih terdapat sisa 1,56 gram sabu-sabu, dan beberapa barang bukti lainnya.
"Kami masih melakukan pengembangan terkait kasus ini, untuk membekuk bandar yang menyuplai beberapa jenis narkotika itu," ujarnya.
Dari penangkapan para tersangka, polisi mengamankan barang bukti 26,4 gram sabu-sabu, 9 butir pil ekstasi, 0,36 gram, timbangan elektrik, buku tabungan, dua set alat hisap, dan handphone.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 114 Jo Pasal 112 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (ss/aim)