Api Bakar Dua Kuintal Kerupuk


LUDES : Sebuah pabrik kerupuk di Jalan Tanjung Putra Yuda, ludes dilalap si jago merah kemarin. (SISCA ANGELINA/MALANG POST)

MALANG - Warga Kelurahan Tanjungrejo, heboh dengan kobaran api yang cukup besar dari sebuah pabrik produksi kerupuk di Jalan Tanjung Putra Yuda Gang 6B, kemarin siang. Stok dua kuintal kerupuk ludes terbakar.  
Ditemui di lokasi kejadian, Karnudi, 49, pemilik pabrik kerupuk mengaku kejadian bermula saat dia dan seorang karyawan yang dipekerjakannya hendak menggoreng kerupuk tersebut sekitar pukul 12.00.
“Jadi api itu asalnya dari oven yang biasa kami pakai untuk memanggang atau mengeringkan kerupuk sebelum digoreng. Saya tidak tahu kalau tepat dibawahnya oven ada krecekan (tempat jemur kerupuk dari bambu) di dalamnya,” ungkap Karnudi.
Krecekan yang tadi berada di bawah oven tersebut tersulut api dikarenakan suhu oven sangat panas.  Api dengan cepat memasuki cerobong oven dan membesar.  “Pegawai saya sempat siram air, tapi malah tambah besar apinya,” ungkapnya.
“Langsung saya panggil tetangga buat bantu,” tambah pria yang mengalami luka bakar di lengannya saat mencoba memadamkan api. Beruntung, tetangga sekitar dengan cepat bahu membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya.
Sebelum lima mobil PMK Kota Malang datang, api yang cukup besar sudah berhasil sedikit dijinakkan oleh warga sendiri. Karnudi mengaku sebanyak dua kuintal stok kerupuk miliknya ludes bersama peralatan pabrik miliknya.
Diperkirakan total kerugian yang dirinya alamai mencapai Rp 10 juta. Kapolsekta Sukun, Kompol Sutantyo mengatakan untuk sementara kejadian dikarenakan oleh kelalaian pemilik sendiri yang kemungkinan besar mengakibatkan kejadian tersebut. (ica/mar)