BPKB Palsu Cairkan 16 Kredit


BATU – Sindikat pelaku pemalsuan BPKB berhasil digulung anggota reskrim Polres Batu. Mereka adalah Prasetyo Wibowo alias Bowo, 29 tahun, Supartono alias Toton, 45 tahun, keduanya warga Dusun Banu, Desa Banturejo, Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang dan H Buhari, 47 tahun, warga Jalan Gadang XXI, Kelurahan Gadang, Kota Malang. Dari tangan ketiga tersangka ini petugas mengamankan barang bukti 16 BPKB palsu.
Saat ini, petugas terus melakukan pengembangan untuk mendapatkan para pelaku lainnya, terutama pembuat BPKB. ”Ada satu tersangka yang masih buron, dan saat ini masih dilakukan pengejaran. Target kami adalah mengungkap seluruh jaringan, termasuk pembuat alat yang digunakan membuat BPKB palsu ini,’’ kata Kapolres Batu, AKBP Leonardus H Simarmata saat melakukan press release, kemarin.
Didampingi Kasubag Humas Polres Batu AKP Waluyo, Leo begitu Kapolres akrab disapa menjelaskan sindikat pelaku pemalsuan ini terbongkar berawal dari laporan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Dhana Sejati, Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu. Awalnya pihak koperasi mendatangi Polres Batu dan melaporkan Supartono dan H Buhari. Dalam laporannya, pihak KSP menuduh kedua tersangka ini tidak membayar cicilan kredit, hingga pihak KSP mengalami kerugian Rp 800 juta.
”Laporan awalnya adalah penipuan, yaitu dua tersangka Supartono dan H Buhari tidak membayar cicilan kredit,’’ kata Kapolres.