Buang Jimat, Bacok Teman

Foto : Sutantyo

MALANG - Suwarno, 45, warga Jalan Raya Candi Malang harus mendekam di balik jeruji besi akibat menganiaya kawannya sendiri. Ia diamankan jajaran reskrim Polsekta Sukun. Suwarno membacok dan menyabet, Heri Cahyono, 20, teman yang juga masih tetangganya sendiri.
Peristiwa itu terjadi Senin (29/8) malam. Suwarno emosi setelah melihat jimat pemberiannya dibuang begitu saja oleh korban. Kapolsekta Sukun, Kompol Sutantyo membenarkan hal ini. Ia menerangkan bahwa barang pemberian yang dibuang oleh korban merupakan sebuah jimat.
“Katanya jimat kekebalan tubuh. Jimat tersebut diberikan tersangka kepada pelaku,” ungkapnya.  Saat itu, korban datang ke rumah pelaku dan minum-minum arak jowo. “Mereka ngobrol ngalur ngidur lalu tersangka memberikan jimat miliknya itu,” tutur Sutantyo.

Jimat yang diakui sebagai jimat kekebalan tubuh tersebut berbentuk dan berukuran menyerupai telur puyuh.  Setelah memberikan jimat kekebalan, pelaku masuk ke dalam rumah untuk mengambil sesuatu. Disinilah permasalahan mulai terjadi.
Korban yang tidak mempercayai kegunaan jimat tersebut kemudian membuang jimat ke luar rumah tersangka. Namun, Suwarno yang baru keluar dari rumah melihat korban membuang jimat pemberiannya tersebut.
“Sepertinya sakit hati, pelaku kemudian yang melihat kejadian dibuangnya jimat langsung membawa golok dan menyabet korban,” ungkap Sutantyo.  Akibat perlakuan tersangka, korban mengalami banyak luka di sekujur tubuhnya seperti perut dan kedua lengannya.
Sutantyo menerangkan korban akhirnya dilarikan ke RS Saiful Anwar dan mendapatkan perawatan berupa 27 jahitan akibat luka yang diderintanya.  “Kami sedang menangani kasus tersebut, kemungkinan tersangka merasa tersinggung dengan apa yang dilakukan korban atau ada kemungkinan lain,” tutupnya. (ica/mar)