Bupati Berhentikan Dua Kades


BERMASALAH : Bupati Lumajang memberhentikan dua kades karena terlibat pasir illegal.


LUMAJANG- Tersandung kasus pasir illegal, dua kepala desa (Kades) yakni Kades Jugosari, Kecamatan Candipuro,  Mahmudi dan Kades Klakah,  Kecamatan Klakah, Purianto diberhentikan sementara, akhir pekan kemarin.
Bupati Lumajang As'at Malik M.Ag sudah mengelurkan SK pemberhetian sementara dua kades tersebut. “Pak Bupati sudah mengeluarkan SK pemberhetian kepada Kades Jugosari dan Kades Klakah,” ujar Kabag Hukum Pemkab Lumajang, Taufiq Hidayat SH, MH.
As'at Malik, Bupati Lumajang menyebut pemberhetian sementara sudah sesuai dengan prosedur. Pelayanan di desa tidak boleh berhenti karena kepala desanya tersandung persolan hukum. "Ini untuk melancarkan pelayanan di desa agar tidak terganggu dan sudah sesuai aturan," jelasnya.
Menurut dia, saat ini kedua kades tersebut sedang menjalani masa persidangan dan ditahan di sel Polres Lumajang. Bupati meminta warga dua desa tidak melakukan aktifitas yang menimbulkan gejolak konflik di desa tersebut. “Mari kita ikuti proses hukumnya dan jangan terprovokasi untuk melakukan hal-hal yang merugikan,” pungkasnya. (jpnn/mar)