Demi Rp 500 Ribu, Curi Motor

MALANG - Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga. Halnya dengan Suyadi, 27, pelaku curanmor asal Purwodadi, Pasuruan. Setelah lima kali beraksi mencuri, ia akhirnya tertangkap juga oleh anggota reskrim Polsek Lawang.
Suyadi, diamankan akhir pekan lalu setelah sebelumnya diamankan oleh warga. Ia mencuri motor Honda Scoopy, N 2305 HHH milik Iwan Putra Pradana, 24, warga Jalan Anjasmara, Desa Turirejo, Lawang.
"Ketika beraksi, tersangka berdua dengan temannya. Saat ini, kami masih memburu pelaku lainnya. Sebab penuturan tersangka, setiap beraksi dia selalu ganti pasangan," ungkap Kanitreskrim Polsek Lawang, Iptu Hadi Puspito.
Pencurian dilakukan sekitar pukul 18.00. Petang itu, korban baru saja pulang. Karena kehujanan, ia buru-buru memarkir motor di teras depan, lantas pergi ke kamar mandi untuk mandi. Ia lupa kunci kontak motor masih nyantol di lubang kontak.

Ketika ditinggal pergi mandi inilah, tersangka yang sudah mengamati dan mondar-mandir lantas beraksi. Ia mengambil motor, yang kemudian membawanya kabur. Namun belum sempat kabur jauh, aksinya dipergoki oleh korban yang lantas meneriaki maling.
Warga yang mendengar lantas membantu pengejaran. Sekitar 100 meter dari lokasi pencurian, tersangka berhasil diamankan, yang kemudian diserahkan ke petugas Polsek Lawang. “Sebelum mencuri, ada warga yang melihat tersangka ini mondar-mandir,” kata mantan Kanitreskrim Polsek Singosari.
Dalam pemeriksaan, Suyadi mengatakan sudah lima kali mencuri motor. Tiga kali di wilayah Lawang, sekali di Singosari dan sekali di wilayah Blimbing. "Setiap kali beraksi, tersangka mengaku selalu mendapat bagian Rp 500.000 dari penjualan motor,” paparnya. (agp/mar)