Dikira Bayi Ternyata Kucing


Warga ketika menggali tanah yang dikira makam bayi, ternyata hanya makam kucing.

MALANG - Warga sekitar Dusun Dauan, Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen, pagi kemarin digemparkan dengan sebuah makam kecil yang berada di pinggir sungai yang berdekatan dengan jalan raya. Makam yang berada di bawah pohon pisang tersebut, dicurigai warga adalah makam bayi.
Pasalnya, sebelum temuan makam tersebut menggegerkan warga, pada malam harinya sekitar pukul 01.00, ada saksi warga sekitar yang melihat dua orang laki-laki dan perempuan berhenti di sekitar lokasi. Keduanya mengendarai sepeda motor berboncengan.
Motor mereka diparkir depan warung yang ada di sebelahnya. "Yang perempuan menunggu di dekat motor, sedang yang laki-laki terlihat mondar-mandir dari sungai naik ke atas, lalu turun lagi ke sungai,” terang seorang warga sekitar.
“Semula saksi mencurigai kalau mereka mau mencuri, makanya diawasi terus dari dalam rumah,” tambah warga yang enggan disebutkan namanya itu. Namun sekitar 20 menit kemudian, dua orang tersebut pergi.
Saksi warga yang melihatnya, tidak menaruh curiga lantaran mereka pergi tanpa membawa apapun. Baru pagi hari kemarin, warga gempar. Setelah ada salah satu warga melihat ada makam kecil di bawah pohon pisang.
Di atas makam itu, ada dua batu besar sebagai maisan. Di atas tanahnya juga ditaburi bunga. Dengan mengaitkan kejadian semalam, warga meyakini bahwa itu adalah makam bayi. Temuan warga itupun, lantas dilaporkan ke petugas Polsek Kepanjen.
Mendapat laporan, polisi segera mendatangi lokasi. Untuk memastikannya, akhirnya dibantu warga petugas menggali makam kecil tersebut. Begitu digali sekitar setengah meter, ternyata bukan mayat bayi yang dikubur.
Sebaliknya hanya bangkai kucing berwarna kuning. Akhirnya warga pun mengubur kembali. Dugaan dua orang laki-laki dan perempuan tersebut, mengubur kucing yang baru ditabraknya. Kapolsek Kepanjen, Kompol M Ahmad Sujalmo, membenarkan adanya laporan tersebut.
Ia mengaku sempat kaget saat mendapat laporan warga. Namun setelah dipastikan hanya bangkai kucing, akhirnya baru merasa lega. "Warga sekitar awalnya memang mencurigai mayat bayi yang dikubur tersebut. Tetapi setelah dibongkar hanya seekor kucing," papar Sujalmo. (agp/mar)