Gara-Gara Tempe, Rumah Kontrakan Terbakar


LUDES : Api membakar rumah kontrakan di Jalan IR Rais Gang V Malang. Kebakaran terjadi karena ditinggal keluar rumah saat menggoreng tempe. (IPUNK PURWANTO/MALANG POST)

MALANG - Kebakaran cukup besar melahap sebuah rumah Jalan IR Rais Gang V Tanjungrejo, Kota Malang, kemarin. Rumah kontrakan milik Mini Astuti, 65, diduga terbakar habis karena salah satu penghuninya pergi keluar rumah saat menggoreng tempe
Yunanto, Ketua RT07 RW02 mengatakan bahwa kebakaran terjadi pada pukul 07.30, akibat salah satu penghuni kontrakan bernama Tono Subroto, 52, sedang menggoreng tempe lalu, kemudian meninggalkannya keluar rumah. Kompor pun makin panas dan membakar rumah tersebut.
“Pak Tono tadi pergi keluar dan lupa kalau dia sedang goreng tempe. Panci buat goreng panas, api kemudian membesar dan menyambar bagian dapur rumah yang sebagian besar terbuat dari bambu,” ungkap Yunanto ditemui Malang Post.
Dikonfirmasi kejadian itu, Tono mengakuinya. Ia menerangkan bahwa dirinya memang sedang menggoreng tempe untuk sarapan. Namun, ia lupa dan meninggalkan aktifitas itu selama 30 menit di luar rumah. “Saya lupa, terus saya tinggal keluar,” katanya.
“Saya tinggal sekitar 30 menit karena beli barang keperluan lain," ujar pria yang bekerja sebagai tukang cat kendaraan mobil tersebut.  Tono mengetahui kebakaran, saat warga beramai-ramai berteriak kebakaran yang datang dari arah rumah kontrakannya dan ketika api sudah membesar.
Beruntung, saat terjadi kebakaran rumah sudah dalam keadaan kosong. Ia mengaku sempat berusaha masuk kembali ke dapur rumah kontarakannya untuk mematikan sendiri, tetapi api sudah membesar.
Rumah berukuran 15 x 15 meter tersebut dihuni oleh empat kepala keluarga yang berjumlah belasan jiwa penghuni. Selain pemiliknya sendiri, Mini Astutik bersama suaminya, terdapat keluarga Tono, keluarga Sri Rahayu, 61, dan keluarga Muhammad Alwi, 58, hidup bersama semuanya dalam satu atap sebelum kebakaran terjadi.
Kanit Reskrim Polsekta Sukun, AKP Gunarsono, saat ditemui di lokasi kejadian menegaskan pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut. “Dugaan sementara karena kelalaian penghuni rumah. Tapi nanti masih akan kami periksa seluruh penghuni rumahnya,” jelas dia.
Kebakaran ini sendiri, sempat merember ke rumah warga yang berdinding bambu. Lokasinya berada tepat di pemukiman padat . Dua rumah yang sempat terkena rembetan kebakaran itu, yakni rumah Deni Widiarto, 35, dan Rizky Zulkarnaen, 40.
Lurah Tanjungrejo, Lalu Effendi Hidayat ST menjelaskan dugaan sementara kebakaran tersebut dikarenakan kelalaian penghuni rumah.  “Seharusnya sebelum meninggalkan rumah, kompor gas harus dimatikan dulu. Sehingga kebakaran ini bisa dihindari, apalagi di wilayah RW02, wilayahnya sangat padat sekali,” tegasnya. (ica/mar)