Lukito Pantang Mundur


MAJU TERUS : Lukito Eko Purwandono saat menghadapi sidang pidananya beberapa waktu lalu.

MALANG -  Gugatan perdata anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Lukito Eko Purwandono,  masuk dalam materi pokok perkara. Proses mediasi yang digelar Pengadilan Negeri Kepanjen, gagal karena tidak ada kata sepakat.
Lukito maupun DPD Partai Nasdem Kabupaten Malang, sebagai tergugat sama-sama memiliki alibi. Kamis (21/7) lalu, merupakan sidang perdana gugatan perdata. Materi gugatannya, menuntut SK pemecatan Lukito sebagai anggota Partai Nasdem dicabut.
" Sidang gugatan perdata ini, mulai masuk pokok perkara karena kami sama-sama memiliki argumen. Mediasi gagal, karena politik partai ada perbedaan pendapat pemahaman AD-ART," ungkap Lukito, panggilan warga Desa Arjowilangun, Kalipare ini.
Ia mengatakan proses pemecatan dirinya tidak melalui proses AD-ART partai. Termasuk beralasan bahwa pelanggaran yang dibuatnya hanya pelanggaran semu saja. “Apalagi putusan pidana saya, juga masih belum inkrah atau belum ada kekuatan hukum tetap,” ungkapnya.
Menurut dia, sampai saat ini perkaranya masih proses kasasi di Mahkamah Agung. “Selain itu, proses PAW jika hukuman di atas 5 tahun, sedangkan putusan pidana saya tidak ada setahun," jelasnya.
Dengan dilanjutkan pokok materi gugatan perdatanya, politisi Partai Nasdem ini, berharap gugatannya bisa dikabulkan. Sehingga SK pemecatannya dari DPP Partai Nasdem bisa dicabut. Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Malang, Sutiono, dikonfirmasi membenarkan bahwa gugatan perdata masuk materi pokok.
Namun demikian, DPD siap menghadapi gugatannya. "Kami siapkan data dan berkas untuk melawan gugatannya," terang Sutiono. Ia menjelaskan, bahwa gugatan perdata yang dilakukan oleh Lukito merupakan hak pribadinya.
Sehingga DPD tidak bisa menghalangi upaya hukum yang dilakukan Lukito, terkait pemecatannya. "DPD hanya menjalankan perintah DPP terkait SK pemecatan Lukito," ungkapnya.
DPP Partai Nasdem mengeluarkan SK pemecatan Lukito Eko Purwandono, dari keanggotaan Partai Nasdem Kabupaten Malang. Surat pemecatannya dengan nomor 132-SI / DPP-Nasdem / IV / 2016 yang ditandatangani Ketua Umum Surya Paloh dan Sekjen Nining Indra Saleh, sejak 30 April 2016.
Alasan pemecatan, karena Lukito dinilai melanggar AD/ART Partai Nasdem. Dengan pemecatan tersebut, maka posisi Lukito Eko Purwandono sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang, di-PAW (pergantian antar waktu).
Lukito sendiri dilaporkan memiliki hubungan asmara dengan Itje Tresnawati, istri Sukma Raharja, pengusaha asal Dusun Duren, Desa Arjowilangun, Kalipare. Hubungan itu dilakukan saat Sukma kerap ke luar kota. (agp/mar)