Penumpang Kereta Tertidur, Pencuri Beraksi


TERTANGKAP: SH diamankan anggota Polres Malang Kota saat tiba di Stasiun Kota Baru. (MARGA NURTANTYO/MALANG POST)

MALANG - Seorang pencuri diamankan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) Stasiun Kota Baru Malang, kemarin. Dia yang diketahui berinisal SH, 26, asal Sragen ini melancarkan aksinya di dalam KA Matarmaja tujuan Malang.
Petugas Polsuska Stasiun Kota Baru Malang, Fajrin Dewi mengatakan tersangka kedapatan mencuri sebuah handphone Samsung milik seorang penumpang bernama Achyi Tri Mahatir, 25, saat sedang tertidur di dalam kereta.
“Posisi handphone milik korban sedang dicharge memang dekat dengan posisi duduk pelaku,” ungkap Fajrin saat dimintai keterangan, kemarin. Lebih lanjut, ia menjelaskan, korban tertidur di kursinya yang bernomor 17 C.
Sedangkan pencuri tersebut duduk di nomor kursi 17 A, dekat dengan tempat charger HP. Rupanya melihat kesempatan itu, pelaku nekat mencuri HP milik korban. Aksi pencurian tersebut diketahui rekan korban. Seketika itu pula tersangka diteriaki mencuri dan pelaku langsung lari.
“Saat itu sudah beberapa detik kereta akan berangkat. Si pelaku akan meloncat keluar tapi ketangkap duluan. Maka pelaku kita amankan dan langsung kami proses,” tandas Fajrin.  Dia mengatakan, kasus pencurian tersebut memang kerapkali terjadi.
Hal ini juga dikarenakan lemahnya kewaspadaan penumpang sendiri terhadap barang berharga milik pribadi.  “Maka tetap selalu jaga barang bawaan sendiri dengan aman. Dimasukkan dalam tas, jangan digeletakkan begitu saja lalu tertidur,” pungkasnya. (ica/mar)