Rantai Trolly Lepas, Jeep dan Motor Ludes


TERBAKAR : Kondisi mobil Jeep yang membawa motor trail terbakar di Jalan Gatot Subroto Barat, Desa Sedayu, Turen.

MALANG - Ketenangan warga sekitar Jalan Gatot Subroto Barat, Desa Sedayu, Turen, pagi kemarin mendadak tegang. Mobil Jeep Toyota Hardtop, N 912 AP yang menarik trolly bermuatan lima motor trail terbakar. Motor-motor itu juga ikut ludes terbakar.
Imbasnya, H Ikbal, 50 tahun, warga Desa Pamotan, Dampit pemilik mobil dan motor ini, mengalami kerugian hingga sekitar ratusan juta rupiah. Selain itu, rencana untuk mengikuti trail adventure di Blitar, juga terpaksa pupus.
"Api langsung membesar dan membakar semua motor dan mobil. Untungnya kejadian tersebut, tidak sampai ada korban jiwa," ungkap Kanitreskrim Polsek Turen, Ipda Purnomo. Kejadian yang membuat arus kendaraan sempat macet ini, terjadi sekitar pukul 06.30.
Pagi itu, Ikbal bersama dengan rombongan hendak mengikuti kegiatan trail adventure di wilayah Blitar. Sebelum melanjutkan perjalanan, ketika melintas di Desa Sedayu, Turen mampir terlebih dahulu di SPBU untuk mengisi bahan bakar.
Usai mengisi bahan bakar, perjalanan kembali dilanjutkan. Namun sekitar 50 meter usai meninggalkan SPBU, rantai yang digunakan menyeret trolly terlepas, sehingga terjadi gesekan dengan median jalan (aspal) dan menimbulkan percikan api.
Bersamaan dengan itu, bensin yang ada di tangki lima motor itu tumpah, hingga menyulut kobaran api. Hanya dalam hitungan detik, api langsung membesar dan membakar lima motor termasuk mobil Jeep milik Ikbal.
Korban yang melihat ada api, lantas keluar mobil lalu berusaha memadamkan api dengan air seadanya, dibantu oleh warga sekitar. Tetapi bukannya padam, api malah semakin membesar hingga membakar seluruh bagian motor dan mobil.
Kobaran api baru berhasil dipadamkan, setelah ada bantuan mobil PMK milik PT Pindad datang. “Total kerugian lumayan besar. Dari keterangan korban, kerugian yang dialami lebih dari Rp 100 juta,” tegas Purnomo. (agp/mar)