Rumah Pembangunan Tidak Berizin

TKP : Rumah di Jalan Tlogo Indah yang tidak berizin. (SISCA ANGELINA/MALANG POST)

MALANG - Rumah tempat tewasnya pekerja bangunan asal Donomulyo, Riadi, 26, di Jalan Tlogo Indah Malang, lalu tidak memiliki ijin pembangunan. Pasalnya tidak ada berkas nomor registrasi pembangunan hunian pada lokasi tersebut.
Hal ini ditegaskan oleh Lurah Tlogomas, Aryadi Wardoyo yang mengaku tidak menemukan berkas perijinan maupun surat dan nomor registrasi pembangunan rumah milik warga Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang bernama Kadiyat.
“Ya setelah kejadian, saya dan pegawai disini langsung mengecek berkas surat ijin atau apapun yang berkaitan dengan pembangunan rumah tersebut, tetapi tidak kami temukan,” ungkap Aryadi saat dikonfirmasi.

Ia menyebutkan, seharusnya jika memang berijin, kelurahan pasti menemukan berkas surat registrasi yang mencantumkan nomor registrasi bukti bahwa pembangunan rumah sudah memiliki rekomendasi dari kelurahan.
Namun, sampai saat dikonfirmasi, Aryadi mengaku tidak menemukan surat-surat ijin tersebut. Saat dirinya mengkonfirmasi RT setempat pun tidak pernah diakui ada proses perijinan yang dilalui pemilik rumah kepada RT maupun warga setempat.
“Karena ini bangunan dengan lantai dua, apalagi jika akan dibuat menjadi kos-kosan, perijinan paling pertama adalah meminja ijin pada warga RT setempat untuk mendapatkan rekomendasi untuk dibawa ke dinas pekerjaan umum dan perijinan,” tutur Lurah asal Kediri ini.
Namun, menurut Aryadi proses perijinan tersebut belum dilalui di tingkat RT. Maka kuat kemungkinan proses perijinan resmi ke dinas terkait pun belum ada.  Saat ini, Aryadi melanjutkan, pihak kelurahan masih akan melakukan cek lokasi dan pemeriksaan ulang berkas perijinan. (ica/mar)