Terserang TBC, Tahanan Tewas

Waluyo (IRA RAVIKA/MALANG POST)

BATU – Tahanan Polres Batu tewas. Dia adalah Arifin alias Darpin, 25 tahun, warga Dusun Sabrang Bendo, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, menghembuskan nafas terakahir di RS Hasta Brata, Sabtu (30/7) malam.
Dari informasi yang didapat, Darpin meninggal akibat sakit TBC dan Demam Berdarah. ”Darpin meninggal saat dalam perawatan tim medis Hasta Brata Kota Batu karena sakit TBC dan Demam Berdarah,’’ kata Kasubag Humas Polres Batu, AKP Waluyo.
Kepada Malang Post, Waluyo menguraikan jika Darpin merupakan tahanan kasus pencurian yang ditangkap anggota reskrim Polsek Bumiaji, Sabtu (25/6) lalu. ”Dia melakukan pencurian buah apel milik tetangganya di Desa Giripurno pertengahan Febuari lalu dan ditangkap 25 Juni 2016 lalu,’’ tambah Waluyo.
Sebelumnya, Darpin ditahan di Polsek Bumiaji. Namun demikian dua hari sebelum hari raya, pihak Polsek Bumiaji menitipkan Darpin di tahanan Polres Batu. Selama menjalani penahanan, Darpin tidak pernah sakit. Kondisinya  baik-baik saja. Hingga Rabu (27/7) lalu, Darpin mengeluhkan dadanya sesak, dan dia terus batuk.

Karena kondisinya terus memburuk, oleh anggota Polres Batu, Darpin dirujuk ke RS Hasta Brata. Perawatan serius pun didapatkan Darpin. Tapi demikian, kondisinya tidak kunjung membaik. Hingga petang kemarin Darpin pun harus menghembuskan nafas terakhirnya.
”Saat dirawat di sini, kami sudah memberitahu keluarganya, dan keluarganya juga menunggu selama dalam perawatan,’’ katanya.
Sementara itu Sutrisno, ayah korban mengakui jika Darpin memiliki sakit TBC. Dia juga menerima kematian korban. ”Dia sudah lama sakit TBC, sering kambuh,’’ katanya.
Sementara Kepala Dusun Sabrang Bendo, Titin yang ikut menunggu korban juga mengatakan jika tidak ada sesuatu yang mencurigakan ditemukan di tubuh korban. ”Kalau kondisinya bersih, tapi badannya sangat kurus,’’ katanya. Titin juga menjelaskan jika Darmin meninggal dengan meninggalkan istri dan satu orang anak. ”Kasihan, anaknya masih bayi, belum seminggu lahir,’’ tandasnya.
Sementara meninggalnya Darpin kemarin juga menjadi perhatian Kapolres Batu AKBP Leonardus H Simarmata P. Terbukti, orang nomor satu di Polres Batu ini pun datang ke RS Hasta Brata untuk melihat langsung kondisi korban. Dia juga tidak lupa menyampaikan rasa bela sungkawa kepada keluarga korban. (ira/feb)