Tertipu Beli Motor Murah

MALANG - Penipuan dengan iming-iming penjualan barang dengan harga murah, kembali memakan korban. Hal ini terjadi pada Agung Dwi Bagus, 43, warga Jalan Candi III B Malang. Gara-garanya, dia tergiur membeli sebuah motor.
Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Anggraeni mengatakan korban tergiur dengan tawaran pelaku yang Sabtu (13/8) lalu menjual sepeda motor Honda CB 200 dengan harga Rp 4,2 juta.
“Korban melihat sebuah iklan jual sepeda motor di sebuah situs. Kemudian korban tertarik dengan tawaran harga dan langsung menghubungi nomor telepon yang tertera di iklan tersebut,” ungkap Nunung, sapaannya kemarin.
Ia menjelaskan, setelah korban menghubungi pengiklan di nomor 081526140302. Setelah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak, korban bersedia melakukan transaksi dengan cara mentransfer uang dua kali.
Korban mengirimkan transefran uang petama sebesar Rp 2,9 juta ke rekening pelaku di ATM BRI. Setelah itu, yang kedua korban mentransfer uang sebesar Rp 1 juta ke rekening yang diakui juga milik pekaku ke rekening bank BTN atas nama Rina Wahyudi.
“Setelah melakukan dua kali transfer uang sesuai kesepakatan, pihak pemasang iklan tidak kunjung memberi kabar sampai pada Rabu kemarin. Akhirnya korban melaporkan ke pihak kepolisian,” tutur Nunung.
Kerugian yang diderita korban mencapai total Rp 3,9 juta. Sampai saat ini kasus penipuan tersebut tengah ditangani anggota Satreskrim Polres Malang Kota.  Nunung mengimbau pada masyarakat agar selalu waspada terhadap penawaran murah meriah.
Terlebih jika tidak melihat langsung penjual dan barang yang akan dibeli. “Dengan tidak tatap muka, kesempatan untuk menipu akan lebih besar. Maka sebaiknya hindari berbelaja via online yang tidak dapat dipastikan kebenarannya,” pungkas dia. (ica/mar)