Truk ludes dibakar oleh massa

MALANG – Upaya pencurian empat ekor sapi di Desa Taji, Kecamatan Jabung, dini hari kemarin digagalkan oleh warga. Seorang pelaku bernama Sugianto, 34 tahun, warga Kota Pasuruan, berhasil diamankan, sedangkan empat pelaku lainnya berhasil melarikan diri. Warga yang terpancing amarah, juga membakar satu unit truk yang dijadikan sarana beraksi.

“Seorang yang diduga pelaku, sudah kami amankan. Pelaku ini, adalah yang bertugas sebagai penunjuk arah. Sedangkan pelaku lainnya, saat ini masih dalam pengejaran,” ujar Kapolsek Jabung, AKP Hartono.

Menurutnya, peristiwa yang mengundang reaksi massa tersebut, terjadi sekitar pukul 03.00. Korban adalah Rubai, 43 tahun, warga sekitar. Sedangkan pelaku pencurian sapi ini, berjumlah lima orang. Dua orang mengendarai mobil Avanza warna hitam, sedangkan tiga lainnya mengendarai truk.

Sebelum beraksi mencuri, para pelaku berkumpul di sebuah tempat di Desa Taji, Kecamatan Jabung. Setelah bertemu, satu pelaku yang berada di mobil Avanza, turun dari mobil kemudian bergabung dengan tiga pelaku lainnya di kendaraan truk. Mereka berempat lalu menuju ke lokasi sasaran. Sedangkan seorang pelaku lainnya, menunggu di mobil Avanza.

Sekitar satu setengah jam kemudian, empat pelaku ini kembali ke lokasi titik kumpul. Di atas truk tersebut, sudah ada empat ekor sapi. Setelah berkumpul, selanjutnya mereka buru-buru untuk kabur. Dua pelaku pergi dengan naik mobil Avanza, sedangkan tiga pelaku tetap diatas truk untuk membawa kabur empat sapi curian.


Ketika baru berjalan beberapa meter, truk milik pelaku berpapasan dengan rombongan warga Desa Gading Kembar, yang baru saja melihat orkes. Warga yang curiga ada truk bermuatan sapi tengah malam, berusaha menghentikan. Namun bukannya berhenti, truk malah tancap gas dan kabur.

Warga yang semakin curiga bahwa truk itu mengangkut sapi curian, akhirnya bersama-sama mengejarnya. Saat melintas di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Jabung, truk tersebut terjebak di jalan buntu. Truk tidak bisa melewati jembatan yang kondisinya kecil.

Untuk menyelamatkan diri, dua pelaku memilih kabur dengan meninggalkan truk. Sedangkan Sugianto, yang tidak bisa kabur, pasrah ketika diamankan warga. Selanjutnya, warga yang emosi lantas memukulinya. Sebagian warga lainnya, menurunkan sapi dari atas truk, yang selanjutnya membakar truk.

Puas melampiaskan amarahnya, warga lalu menyerahkan pelaku ke petugas Polsek Jabung. “Saat ini kami masih mengembangkan kasusnya. Ada dugaan komplotan pelaku ini, sudah beberapa kali mencuri sapi di wilayah Kabupaten Malang,” tutur mantan Kapolsek Tumpang ini.(agp)