Uang Asli Jadi Uang Mainan


BARBUK : Polisi menunjukkan SP dan barang bukti penipuannya.


BANYUWANGI – SP, 52, asal Desa Rejosari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi mengaku sebagai dukun sakti. Bahkan dia menasbihkan diri sebagai orang pintar yang mampu menggandakan uang.
Namun akibat ilmu sakral palsunya tidak sukses, dia akhirnya harus berurusan dengan pihak kepolisian. “Pelaku ditangkap aparat dan ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik melakukan serangkaian pemeriksaan,” jelas Kapolres Banyuwangi, AKBP Budi Mulyanto.
Penetapan status itu dikuatkan alat bukti uang mainan senilai Rp 500 juta. Penangkapan SP oleh aparat bermula dari laporan korban, Ridwan, 60, warga Jalan Ambon, Kelurahan/Kecamatan Kalipuro.  Uang tunai Rp 8,5 juta yang telah diserahkan kepada pelaku tak bertambah seperti yang disumbarkan.
Alih-alih berlipat ganda, uang tersebut malah amblas digunakan pelaku. “Modus penipuannya berkedok penggandaan uang, tapi ketika dibuktikan ternyata cuma berisi uang mainan. Tentunya kita mengimbau kepada warga agar tidak terpengaruh dengan euforia-euforia untuk mendapatkan uang dengan waktu singkat,” katanya. (jpnn/mar)