Ucil Dagang Pil Koplo


MALANG - Peredaran narkotika jenis pil koplo sudah merasuki pelajar. Kamis lalu Reskrim Polsek Lawang, berhasil menangkap seorang pengedarnya. Yakni berinisial STR alias Ucil, 29 tahun, warga Dusun Sumber Mlaten, Desa Kalirejo, Lawang.
Selain menangkap Ucil, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 556 butir pil koplo, uang Rp 150.000 serta sebuah HP Samsung yang digunakan transaksi. "Barang bukti tersebut, kami temukan di dalam saku celananya," ujar Kanitreskrim Polsek Lawang Iptu Hadi Puspito.
Penangkapan Ucil ini, berawal dari informasi bahwa ada pengedar pil koplo yang menyasar pelajar di wilayah Lawang. Polisi lalu melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan beberapa saksi.  Hasilnya didapat informasi bahwa tersangka kerap mengedarkan pada pelajar di salah satu SMA di Kecamatan Lawang.
Untuk menangkapnya, petugas lalu melakukan penyamaran dan penyanggongan. Begitu diketahui bahwa tersangka sedang bertransaksi pil koplo dengan ADS, salah satu pelajar petugas langsung menangkapnya.
"Dia kami jerat dengan Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman 12 tahun kurungan penjara," tutur mantan Kanitreskrim Polsek Singosari ini. Dalam pemeriksaan, Ucil mengaku mendapatkan pil koplo tersebut dari seorang temannya di Sidoarjo.
Ia biasa membeli pil tersebut setiap dua bulan sekali. Satu boks berisi 1000 butir, dibeli dengan harga Rp 400.000. Selanjutnya, pil koplo tersebut dijual dengan cara diecer. Setiap 100 butir dijual dengan harga Rp 70.000. Sehingga jika laku terjual, dia mendapat keuntungan Rp 300.000. (agp/mar)