KOMPLEKS SMA Tugu (SMAN 1, 3 dan 4) menyimpan cerita horor. Entah sejak kapan, tapi cerita yang bikin merinding itu selalu jadi obrolan. Bahkan bangunan yang dibangun pada tahun 1931 itu  memikat stasiun KBS TV berbasis di Korea Selatan. Selain cerita tentang bercak darah, kisah seram tentang hantu bergentayangan juga sering dibicarakan.  
Lantai bercak darah merupakan cerita horor paling terkenal. Lokasinya berada pada lantai di SMAN 3 Malang. Di lantai ubin berwarna kuning itu dihiasi bercak merah, mulai merah terang sampai kecoklatan pada lokasi tak beraturan.
Cerita yang berkembang di tempat itu merupakan lokasi penyiksaan yang dialami pejuang kemerdekaan. Namun sampai sekarang tak ada satu pun referensi yang mengungkapkan tentang awal mula kisah tersebut.
Amin Tohari, salah seorang cameraman professional di Malang punya cerita yang tak akan terlupakan dari kisah lantai bercak darah. Pertengahan tahun 2008 lalu, Amin membantu KBS TV meliput tentang misteri itu.
“Saya merasakan kesan horor. Apalagi saat itu syuting pada jam 1 sampai jam 2 dini hari. Saat itu saya langsung membayangkan masa lalu dimana ceceran darah yang membekas di lantai itu adalah bekas pembantaian jaman Belanda,” katanya.
Amin memang tak melihat sekelabat atau bayangan yang melintas secara mendadak. Namun mendadak ia merinding setelah seorang paranormal yang dihadirkan dalam syuting itu memediasi energi dari bercak darah.

Halaman 1 dari 120