Target 1000 Unit Terpasang Setahun Kedepan

PERLAHAN tapi pasti, sistem peningkatan pajak daerah melalui e-Tax bakal mencakup semua bisnis yang ada di Kota Malang. Mulai dari bisnis perhotelan, restoran, hiburan hingga parkir, semuanya tak luput dari penerapan pungutan pajak via online. Ditargetkan pada bulan Oktober tahun 2014 mendatang, 1000 Wajib Pajak (WP) terkait sudah tercover e-Tax.
Sebagai langkah awal, kini pihak BRI menyiapkan 10 unit alat cash register yang terkoneksi server objek pajak dan sudah terpasang di 10 lokasi. Diantaranya adalah UB Hotel, gerai makanan cepat saji Mc’Donald dan Resto Baiduri Sepah. Dalam waktu dekat, 100 unit alat tambahan akan didatangkan.
Hal itu disampaikan Walikota Malang, H Moch Anton. “Kita memang masih menunggu peralatan. Insyallah sampai akhir tahun ini sudah terpenuhi untuk sekitar 100 sampai 150 spot bisnis. Tim inspeksi independen juga terus memantau potensi mana saja yang bisa menerapkan sistem ini. Paling tidak, tahun depan sudah merata,” ujarnya kepada Malang Post.
Sulitnya pengadaan alat yang harganya ditafsir mencapai Rp 12,5 juta per unit ini memang cukup menjadi kendala. DKI Jakarta saja yang menjadi pionir e-Tax di Indonesia masih belum bisa memenuhi kebutuhan untuk 4000 WP di sana. “Karena alat ini tidak mudah didapatkan. Sistemnya juga tidak gampang. Jadi harus pelan-pelan, biar nanti bisa tercover semua,” tukas walikota berusia 55 tahun ini.
Untuk mengantisipasi ketidakmerataan sistem komputerisasi di hotel-hotel, resto, tempat hiburan dan pengelola parkir di Kota Malang, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) rencananya bakal menganggarkan pengadaan tap box tahun depan. “Kalau yang sudah tercomputerized mungkin lebih mudah. Tapi, faktanya kan masih banyak bisnis yang masih manual pembayarannya. Jadi kita siasati dengan tap box,” beber Kepala Dispenda Kota Malang, H Ade Herawanto.
Paling tidak, 1000 unit tap box akan disiapkan mulai awal tahun depan dan sudah mulai dibagikan di bulan Februari 2014. Hal itu diyakini cukup efektif untuk mendukung realisasi target 1000 WP tercover e-Tax pada 28 Oktober 2014. (tom/nug)