Jadi Koor Malam Natal Hingga Dekorasi Gereja

MALANG - Generasi muda Katolik yang tergabung dalam Orang Muda Katolik (OMK) melakukan berbagai persiapan di paroki masing-masing jelang perayaan Natal. Mulai dari koor hingga dekorasi gereja. Itu hanyalah sekelumit aktifitas generasi muda Katolik menghadirkan suasana Natal.
OMK di Paroki  St Albertus de Trapani, Blimbing misalnya, kebagian tugas koor pada malam Natal, 24 Desember mendatang. Berbagai persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelumnya.
“Salah satu persiapan kami yakni latihan koor untuk misa malam Natal. Saat latihan koor inilah anggota OMK bertemu di tengah kesibukan masing-masing,” jelas Ketua OMK Paroki St Albertus de Trapani, Blimbing, Agatha Adventina.
Tina, sapaan akrab Agatha Adventina mengatakan, Natal merupakan momen kumpul keluarga dan anggota OMK. Khusus untuk generasi muda yang tergabung dalam OMK, mereka sudah memiliki agenda merayakan Natal.
Usai menjadi koor saat malam Natal nanti, OMK menjaring anggota baru. Generasi muda yang belum tergabung dalam organisasi tersebut dirangkul dengan kegiatan menarik. Diantaranya membagikan kalender dan pudding.
“Kami menjaring anggota dengan cara membagi-bagikan kalender dan puding. Kami ingin menyapa lalu merangkul generasi muda Katolik di Paroki St Albertus de Trapani Blimbing dalam kebersamaan di OMK,” paparnya.
Tak hanya itu saja, generasi muda di Paroki St Albertus de Trapani juga berpartisipasi  membuat gua dan pohon Natal. Hal tersebut sebagai wujud partisipasi dan kebersamaan di paroki.
Selain merayakan Natal dalam suasana kebersamaan diantara sesama generasi muda, mereka juga merayakan peringatan hari kelahiran Yesus Kristus itu bersama keluarga masing-masing. Apalagi semua anggota keluarga kumpul saat merayakan Natal.
“Inilah salah satu momen mempererat kebersamaan dalam suka cita bersama merayakan Natal,” kata Tina.
Begitu juga dengan OMK Paroki St Perawan Maria dari Gunung Karmel, Gereja Katedral Ijen. Menjelang Natal, OMK di paroki tersebut ikut membantu dekorasi gereja.  “Natal tahun ini menjadi momen bagi kami untuk menjadi lebih baik, lebih maju lagi,” kata Wakil Ketua OMK Paroki St Perawan Maria dari Gunung Karmel, Gereja Katedral Ijen, Theo Tony Juang Doren. (van/fia)