Sambut Natal, Umat Gereja Ijen Ibadat Adven

MALANG - Umat katolik di Paroki St Perawan Maria dari Gunung Karmel sejak beberapa pekan lalu sudah siap menyambut Natal. Umat di  gereja yang lebih dikenal dengan Gereja Katedral Ijen itu mengadakan ibadat advent di lingkungannya masing-masing. “Saat ini sudah memasuki masa advent  ketiga. Selama masa advent, umat mengadakan ibadat advent pada setiap minggu sesuai kebiasaan umat di lingkungannya masing-masing,” kata Romo Paroki St Perawan Maria dari Gunung Karmel, Felix Sujanto Pr, kemarin.
Selain ibadat di lingkungan masing-masing, lanjut Felix, setiap pagi diadakan doa novena Natal di Gereja Ijen, mulai pukul 05.15 WIB sejak Senin lalu sampai 24 Desember nanti. Masa advent merupakan masa jelang perayaan natal. Dalam masa advent, umat katolik mempersiapkan diri dengan ibadah untuk meneguhkan iman.
Selain itu, memasuki masa advent ketiga juga diadakan pengakuan dosa di Gereja Ijen pada setiap sore, yang diadakan sejak Senin lalu untuk umat dari berbagai lingkungan dan para pelajar.  “Umat juga mengisi waktu jelang Natal dengan latihan koor dan latihan misdinar,” katanya lalu menunjukan tenda yang mulai didirikan di halaman gereja.
Panitia perayaan Natal mendirikan tenda untuk menampung umat yang beribadah saat malam dan hari Natal, karena biasanya jumlah umat yang mengikuti misa membeludak. “Panitia juga berkoordinasi dengan kepolisian tentang teknis pengamanan saat perayaan natal. Karena untuk keamanan diserahkan kepada pihak yang berwenang,” pungkas Felix.(van/han)