Misa Warnai Malang

MALANG - Malam ini umat kristiani merayakan malam Natal. Berbagai persiapan di gereja sudah hampir selesai jelang perayaaan malam kudus tersebut. Ibadah malam Natal diadakan lebih dari sekali.
Di Gereja St Perawan Maria dari Gunung Karmel atau yang biasa disebut Gereja Ijen diadakan tiga kali misa malam Natal malam ini. Yakni jam 16.30 WIB, jam 19.00 WIB dan 21.30 WIB.
Di Gereja Hati Kudus Yesus atau Gereja Kayutangan berlangsung dua kali, yakni jam 18.00 WIB dipimpin Romo Yosef Arnoldus Devanto, O.Carm dan Romo Kristianto, O.Carm. Selain itu juga diadakan misa malam natal jam 21.00 WIB, dipimpin Romo Kristian Han, O.Carm.
Misa malam natal di Gereja Kayutangan, diprediksi dihadiri  sekitar 4.500 umat. Untuk menampung umat, didirikan tenda lengkap dengan tempat duduk. Umat diimbau datang tepat waktu dan mengikuti jalannya misa dengan khusuk.
“Refleksi Natal tahun ini sesuai tema. Kita merefleksi sesuai situasi yang terjadi saat ini,” kata Romo Paroki Gereja Kayutangan, Romo Yosef Arnoldus Devanto, O.Carm.
Situasi yang terjadi saat ini yakni ketidakadilan, lemahnya hati nurani dan berbagai persoalan lain. Umat diharapkan belajar dari semangat kesederhanaan.
”Selain merefleksikan kesederhanaan juga menjadi agen damai dimana pun berada dengan mengikuti jejak juru selamat yang dikenang kelahirannya pada Natal,” kata Devanto.
Sementara itu persiapan jelang Natal juga tampak di gereja Ijen. Tenda didirikan di sekitar halaman gereja untuk menampung luberan umat.
Romo Paroki Gereja Ijen, Felix Sujanto Pr mengatakan sebelumnya umat melakasanakan berbagai kegiatan rohani jelang Natal. Diantaranya pengakuan dosa, latihan koor, latihan misdinar.
Umat gereja Ijen juga mengadakan doa novena Natal sejak memasuki masa adven. Selain ibadah di lingkungan masing-masing, juga diadakan  novena Natal setiap pagi jam 05.15  di gereja hingga Selasa pagi ini. (van/fia)