Bunyikan Bel 2014 Kali di Perayaan Natal Akhir Tahun

MALANG – Desa Peniwen, Kromengan Kabupaten Malang bakal jadi desa paling sibuk selama perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014. Sebab, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Peniwen sudah mempersiapkan rangkaian perayaan Natal yang digelar secara rutin dari tahun ke tahun.
Majelis GKJW Peniwen, Sri Mulyanti menyebutkan, ibadah Natal sudah dimulai pada sore ini pukul 5 sore.
”Rangkaian perayaan Natal sudah dimulai sejak besok sore (hari ini) di GKJW Peniwen, rangkaian itu bakal berlanjut hingga Tahun Baru nanti,” terang Yanti, sapaan akrabnya kepada Malang Post.
Setelah ibadah sore hari ini digelar, GKJW Peniwen melanjutkan perayaan Natal besok, 25 Desember 2013 pukul 06.00 WIB untuk jemaat umum. Lalu, dilanjutkan lagi dengan ibadah Natal untuk anak-anak pukul 09.00 WIB. Malam hari pukul 19.00 WIB, Natal KPPM (Komisi Pelayanan Pemuda Dan Mahasiswa) dihelat.
”Setelah malam Natal, ada perayaan Natal pagi hari pukul enam pagi di gereja untuk jemaat umum, dilanjutkan ibadah Natal jam 9 pagi, serta ibadah pemuda pukul 7 malam,” terang Yanti. Ibadah Natal di Desa Peniwen memang tidak berlangsung mewah. Sukacita Natal baru terasa begitu memasuki akhir tahun tanggal 31 Desember 2013.
Seperti adat yang telah dijalankan selama bertahun-tahun, momen spesial Natal di Desa Peniwen terjadi saat malam pergantian tahun. Menurut Yanti, saat tahun berganti, lonceng gereja yang terletak di pelataran GKJW Peniwen, bakal dibunyikan sesuai dengan jumlah tahun yang baru.
”Karena kita masuk dari tahun 2013 ke 2014, lonceng gereja akan dibunyikan sebanyak 2014 kali,” terangnya. Wanita yang juga berprofesi sebagai guru ini menyebutkan, lonceng tersebut dibunyikan sebagai tanda sukacita karena diberi harapan baru untuk menjalani tahun yang baru, usai merayakan Natal.
Khusyuk, sunyi dan penuh penghayatan, pembunyian lonceng itu seakan menjadi momen mengheningkan cipta bagi warga desa. Lalu, Pagi hari, tanggal 1 Januari 2014, bakal ada ibadah pukul 05.00 WIB di GKJW Peniwen. Setelah ibadah ini, pesta Natal Peniwen dimulai.
Masyarakat dari desa lain berbondong-bondong mendatangi desa Peniwen untuk mengucapkan selamat Natal.
“Suasana Natal dan Tahun Baru di Peniwen spesial, karena tanggal 1 Januari itu sangat ramai sekali di Peniwen, datang warga dari desa lain untuk ikut memeriahkan natal,” terang Yanti. Perayaan Natal dan Tahun Baru di Peniwen bisa berlanjut hingga seminggu kemudian.(fin/fia)